Pertamina Berupaya Hilangkan BBM Premium secara Bertahap di Palembang

14/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Pertamina Berupaya Hilangkan BBM Premium secara Bertahap di Palembang
Bahan bakar minyak Premium dinilai sudah tidak layak digunakan karena merusak lingkungan. Oleh sebab itu Pertamina secara bertahap akan hilangkan BBM Premium.

PT Pertamina telah menegaskan bahwa pihaknya hingga saat ini masih jual BBM premium yang tersedia di 14 outletnya di Palembang. Namun melalui Program Langit Biru yang akan dimulai pertengahan bulan ini secara bertahap membuat BBM Premium akan dihapuskan di Palembang.

>>> Intip Harga BBM Pertamax Turbo yang Perdana Hadir di Bangka Belitung

Gambar menunjukan Program Langit Biru Pertamina

Program Langit Biru Pertamina

Program Langit Biru Segera Hadir di Palembang

"Sebagaimana kita ketahui dari 39 SPBU di Palembang yang menjual premium hanya sebesar 19% aja dan menjual premium hanya 14 SPBU saja. BBM Premium sendiri sebetulnya memiliki oktan 88 sementara pertalite 90, pertamax 92  dan pertamax Turbo 98 makanya kita akan melakukan Program Langit Biru untuk menjual pertalite seharga premium di Palembang," kata Manager Retail MOR 2 Pertamina, Reza Pahlevi, Senin (12/8/2020) dalam diskusi virtual.

Reza menambahkan bahwa Program Langit Biru ini akan berjalan secara bertahap mulai 19 Oktober mendatang dan berakhir pada 18 April 2021. Selama 3 tahap, subsidi ini juga dikurangi.

"Mulai tanggal 19 Oktober sampai 18 Desember kita subsidi Rp 1.400, kemudian nanti di tanggal 19 September sampai 18 Februari kita subsidi Rp 1.000 kemudian tanggal 19 Februari sampai 18 April kita akan subsidi Rp 600 dan 19 April akan kembali normal. Program Langit Biru ini kita berlakukan hanya di 14 SPBU di Palembang yang masih menjual premium," sambungnya.

>>> Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

Gambar menunjukan Program Langit Biru

Program Langit Biru Pertamina di Tangerang Selatan

Premium Akan Dihilangkan

Reza juga mengungkapkan bahwa BBM Premium tidak layak digunakan karena tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu melalui Program Langit Biru ini dihadirkan untuk agar masyarakat bisa merasakan bagaimana menggunakan pertalite sebagai BBM yang ramah lingkungan.

"Permintaan masyarakat untuk premium ini masih ada, sementara itu bahan bakar tersebut mengganggu lingkungan, makanya dengan adanya Program Langit Biru ini yaitu supaya masyarakat bisa merasakan bagaimana menggunakan pertalite ini sebagai BBM yang ramah lingkungan, namun kita masih memberikan subsidi sesuai dengan harga premium," tambah Reza.

Menurut penuturannya Reza juga menjelaskan premium di Palembang akan dihilangkan secara bertahap.

"Iya Premium akan hilang secara bertahap selama 6 bulan. Program Langit Biru ini akan selamanya dilakukan tapi kita uji cobakan selama 6 bulan ini karena program ini telah berhasil di Denpasar dan Tangerang Selatan dan akan bergulir terus di kota-kota lainnya," tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top