Pertama Kalinya, Penjualan Mobil Listrik di Eropa Lampaui Diesel

30/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Pertama Kalinya, Penjualan Mobil Listrik di Eropa Lampaui Diesel
Bulan September 2020 menjadi kali pertama dalam sejarah dimana penjualan mobil listrik, plug-in, dan hybrid melampaui penjualan mobil diesel di seluruh Eropa.

Data yang diterbitkan oleh analis industri JATO Dynamics menunjukkan bahwa permintaan untuk mobil bensin dan diesel di seluruh Eropa mengalami penurunan persentase dua digit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan penjualan mobil listrik akhirnya mampu melampaui penjualan mobil berbahan bakar diesel dengan persentase penjualannya hampir sama.

Lampaui penjualan mobil diesel

Autocar menyebutkan bahwa penjualan mobil bertenaga bensin maupun diesel mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada September lalu, penjualan mobil berbahan bakar solar hanya tercatat 25% untuk pasar Eropa. Mobil berbahan bakar bensin menguasai 47% pasar, dibandingkan dengan 59% penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

mobil baru Tesla Model 3 di Eropa
Mobil listrik mengalami peningkatan penjualan dua kali lipat

Sebaliknya, pendaftaran mobil bertenaga listrik, hibrida plug-in, dan model hibrida tradisional naik menjadi 25% bulan lalu, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan bulan September 2019. Sebanyak 327.800 unit mobil baru telah didaftarkan selama sebulan.

JATO Dynamics mengungkapkan bahwa penjualan mobil listrik cukup meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Secara total, 1,3 juta mobil terdaftar di 27 negara di seantero Eropa bulan lalu. Mengalami kenaikan hanya 1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun angka tersebut dipastikan membaik mengingat penjualan mobil turun sebesar 29% selama sembulan pertama tahun 2020.

>>> 13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

Beralih ke mobil listrik

Analis global JATO Dynamics, Felipe Munoz mengatakan pergeseran konsumen kea rah mobil listirk akhirnya terjadi. "Meskipun sebagian besar tergantung pada kebijakan dan insentif pemerintah, konsumen sekarang siap untuk mengadopsi teknologi baru ini,” jelasnya.

mobil baru Renault Captur di Eropa
Renualt Captur masuk dalam daftar mobil listrik terlaris di Eropa

>>> Pajak 0% Bukan Satu-satunya Penentu Penjualan Mobil di Indonesia Pulih

Toyota saat ini memimpin merek mobil lain dengan pendaftaran mobil listrik tertinggi. Sedangkan Volkswagen Group membukukan penumbuhan pesat. VW Group mampu menjual 40.300 model listrik, menempatkannya di urutan kedua pabrikan Jepang tersebut.

SUV terus menduduki puncak penjualan mobil listrik, meraih hingga 41,3% pasar di Eropa. Dengan Renault Captur, Peugeot 2008, dan Ford Puma memimpin penjualan. Sedangkan Tesla Model 3 terus menduduki puncak penjualan mobil bertenaga listrik penuh, dengan total 15.702 unit terjual bulan lalu. Sementara Mercedes-Benz A-Class mampu mengalahkan Toyota Corolla dalam katergori plug-in hybrid.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas terbaik ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top