Pertahankan Pasar, Suzuki Siapkan Model Baru dan Facelift di 2019

02/01/2019

Pasar mobil
Pertahankan Pasar, Suzuki Siapkan Model Baru dan Facelift di 2019
Menghadapi persaingan yang diprediksi makin seru di tahun 2019 Suzuki menyatakan telah mempersiapkan diri. Selain memacu penjualan model yang telah ada, Suzuki juga bakal menghadirkan model baru dan facelift yang diyakini bisa menarik perhatian konsumen.

Masuk tahun baru 2019 persaingan industri otomotif roda empat akan terus berlangsung dan diperkirakan makin seru, sejumlah produsen tengah mempersiapkan berbagai model baik model baru maupun facelift. Selain Toyota yang tengah ditunggu Avanza terbarunya, Nissan dengan MPV berbasis Xpander, Wuling Motors dengan model SUV-nya, ada Suzuki yang ternyata tengah menyiapkan amunisi.

Foto All New Ertiga warna putih tampak dari samping depan

Suzuki All New Ertiga dapat penghargaan sebagai mobil dengan kabin paling nyaman

>>> Baca Review Lengkap Suzuki Ertiga GL 2018 di Sini!

Merek berlogo S ini tengah menyiapkan satu model baru dan dua model facelift. Selain itu juga bakal diperkenalkan konsep Suzuki Sport demi menyasar konsumen kawula muda. Konsepnya mirip-mirip dengan model yang sudah ada saat ini, seperti Ignis Sport Edition, Baleno Hatcback dan crossover SX4 S-Cross. Jika tidak ada halangan konsep Sport ini bakal dikampanyekan di semester awal 2019.

"Sebetulnya model baru ini bukan berarti benar-benar di segmen baru. Ya ada perubahan model baru di salah satu line up kami. Tapi, kami masih belum bisa bilang. Yang jelas, kami ada rencana itu," tutur Fredy Teguh, Director Sales & Marketing PT United Motor Centre (UMC), dealer mobil Suzuki wilayah Jatim, seperti dikutip dari TribunJatim.com, Senin (31/12/2018). "Untuk Suzuki Sport ini, kami akan mulai gencar kurang lebih pada semester pertama 2019 nanti," lanjutnya.

>>> Ingin mencari mobil baru lainnya? Dapatkan listingnya di sini

Tahun 2018 Suzuki mengalami pertumbuhan cukup positif. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Suzuki (wholesales) sepanjang Januari hingga November 2018 naik sebesar 7,9 persen. Jumlah unit terjual sebanyak 109.698 unit dari sebelumnya 100.652 unit (2017). Meski demikian, posisi Suzuki di jajaran merek mobil terlaris justru turun satu tingkat ke peringkat 5 dari sebelumnya di peringkat 4 digeser oleh Mitsubishi. Berkat model baru Xpander, merek berlogo tiga berlian itu mengalami pertumbuhan luar biasa sebesar 91,7 persen dengan jumlah penjualan sebanyak 133.966 unit dari sebelumnya 69.893 unit (2017).

Suzuki sendiri saat ini masih sangat mengandalkan dua mobil segmen niaga Carry Pick-Up dan APV Pick-Up serta satu mobil keluarga All New Ertiga. Ketiganya memberi kontribusi paling besar sepanjang 11 bulan di 2018 dengan jumlah penjualan Suzuki Carry Pick-up 36.092 unit, Suzuki Ertiga 29.249 unit, dan Suzuki APV Pick-up 15.384 unit.

>>> Suzuki Swift Jadi Model Pertama Peraih Penghargaan ICOTY Selama Tiga Generasi Berturut-Turut

Foto seorang model bersama Ignis Sport Edition

Suzuki Ignis Sport Edition, menggoda sejak diluncurkan

Apakah kehadiran model baru di 2019 ini bakal memberikan dampak signifikan terhadap penjualan Suzuki, layak untuk ditunggu. Yang pasti Suzuki sangat optimis dengan kehadirannya Suzuki bisa mempertahankan pasar di tengah persaingan yang makin ketat.

"Sebetulnya faktor yang mendukung market Jatim tumbuh ialah adanya produk baru. Di 2019 nanti, hadirnya beberapa varian baru saya pikir bisa mempertahankan market dan menggairahkan konsumen," kata Fredy.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top