Persaingan Segmen Low MPV, Gantian Toyota Avanza Yang Unggul Atas Xpander Di Bulan Kedua

18/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Persaingan Segmen Low MPV, Gantian Toyota Avanza Yang Unggul Atas Xpander Di Bulan Kedua
Menjalani start dari posisi ke dua di bulan Januari 2019, Toyota Avanza berhasil memperbaiki posisi dengan mencatatkan penjualan terbanyak di bulan Februari. Toyota Avanza untuk sementara unggul atas Mitsubishi Xpander dan memimpin segmen low MPV.

Peta persaingan segmen low MPV berlanjut dan makin menarik. Perebutan posisi atas masih didominasi dua musuh bebuyutan, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Bila di bulan Januari 2019 Mitsubishi Xpander begitu gagah melaju dengan catatan penjualan paling banyak dan finish di posisi pertama di atas Toyota Avanza, kini giliran Avanza yang unggul atas Xpander.

Foto deretan mobil Toyota Avanza di jalan tol

Bulan Februari 2019, Toyota Avanza kembali jadi pemenang

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat Toyota Avanza meraih angka penjualan (wholesales) sebanyak 5.700 unit di bulan Februari 2019, lebih banyak dibanding Mitsubishi Xpander yang hanya terjual sebanyak 5.532 unit. Angka ini berkebalikan dengan pencapaian bulan Januari dimana Xpander terjual sebanyak 5.708 unit dan Avanza terjual sebanyak 5.500 unit.

Menempati posisi ketiga di bawah Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, ada Daihatsu Xenia dengan catatan penjualan sebanyak 3.207 unit, diikuti oleh Suzuki Ertiga di posisi keempat yang mencatatkan penjualan sebanyak 2.055 unit. Dilihat dari selisih yang ada sepertinya posisi ketiga ini bakal jadi posisi aman buat Xenia. Dengan peringkat kedua selisihnya 2.325 unit, sementara dengan posisi keempat selisihnya 1.152 unit. Kita akan lihat realitanya bulan depan.

Menguntit ketat di belakang Suzuki Ertiga, ada Honda Mobilio yang menempati posisi kelima dengan catatan penjualan sebanyak 2.026 unit atau hanya tertinggal 29 unit saja dari Ertiga. Ini juga sangat menarik untuk terus diikuti mengingat selisih yang sangat tipis. Baik Suzuki maupun Honda dipastikan bakal berupaya maksimal untuk saling mengungguli satu sama lain pada bulan-bulan berikutnya.

>>> Inilah perang total All New Nissan Livina vs Rival, Mana Yang Terbaik?

Foto mobil-mobil Low MPV

Semua telah disegarkan, kecuali Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S

Anggota segmen low MPV dari China, Wuling Confero S masih 'eksis' di posisi keenam sebagaimana bulan lalu. Meski persentase peningkatan cukup signifikan yaitu sebesar 59%, namun jumlah unit yang terjual belum menyentuh angka ribuan. Bulan Februari 2019 Wuling Confero S hanya terjual sebanyak 593 unit. Meski demikian angka tersebut lebih baik dibanding Nissan Grand Livina yang terjual sebanyak 161 unit saja.

Bisa dimaklumi apa yang dicapai Nissan Grand Livina ini mengingat produksinya yang sudah dihentikan sejak akhir tahun 2018. Sementara All New Nissan Livina yang diluncurkan pada 19 Februari 2019 lalu belum tercatat dalam data penjualan GAIKINDO. Bulan depan akan kita ketahui apakah jagoan baru Nissan ini bisa 'menyingkirkan' Wuling Confero S ke posisi paling bawah.

Yang pasti dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Nissan sangat optimis All New Livina bakal kompetitif di segmen low MPV, seperti kompetitifnya Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Berikut data penjualan mobil segmen low MPV bulan Februari 2019 sebagaimana dirilis GAIKINDO

MODEL

SALES

MARKET SHARE

Toyota Avanza

5,700 unit

29%

Mitsubishi Xpander

5,532 unit

28%

Daihatsu Xenia

3,207 unit

16%

Suzuki Ertiga

2,055 unit

10%

Honda Mobilio

2,026 unit

10%

Wuling Confero

593 unit

3%

Nissan Grand Livina

161 unit

1%

 >>> Selalu update berita-berita otomotif terkini di Cintamobil.com!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top