Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi Dimulai Bulan Ini

05/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mulai bulan ini, April 2021 perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online dari mana saja. Setelah itu SIM cetak bakal dikirim ke rumah.

Proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun perpanjangan bakal semakin mudah. Tidak hanya itu pembuatan SIM bakal semakin menyenangkan, sebagaimana yang pernah disebut Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo.

"Akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini. Sehingga, masyarakat terlayani dengan tidak usah datang ke kantor kepolisian, cukup mampir ke mal. Nanti akan ada gerai, jadi kayak main game," tutur Sigit dalam sambutan peluncuran ETLE Nasional seperti ditayangkan NTMC Polri, Selasa (23/3/2021) lalu.

Perpanjangan SIM bisa online

Foto Simulasi Proses pembuatan SIM di Satpas

Perpanjangan SIM secara online segera berlaku

>>> Polisi Godok Ujian Praktik SIM Pakai Simulasi, Jadi Mirip Main Game

Seperti halnya pembuatan SIM baru yang makin mudah untuk perpanjangan juga bakal di-online-kan. Pemohon tidak perlu datang ke Satpas untuk memperpanjang SIM, melainkan bisa lewat HP dari manapun, asalkan ada akses internet. Setelah itu SIM cetak bakal dikirim ke alamat pemohon, baik oleh petugas maupun via pos.

“Ini nanti cukup diakses dengan aplikasi yang cukup di rumah saja dan bisa diantar ke rumah,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono, M.H., dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di Facebook Divisi Humas Polri belum lama ini.

Diluncurkan bulan April

Belum dipastikan kapan layanan perpanjangan SIM online ini diluncurkan. Yang pasti akan dilakukan bulan April 2021 dan sekarang dalam tahap finalisasi.
 
“Ini kemungkinan kita akan launching rencananya tanggal 8 atau 11 April lah antara itu. Kita bekerja keras untuk mewujudkan ini secara cepat di program 100 hari (Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo) mudah-mudahan bisa tercapai 100 persen,” tegas Kakorlantas.

Yang tengah dipersiapkan juga oleh Korlantas Polri yaitu Samsat Digital Nasional. Jika tidak ada perubahan layanan ini bakal diluncurkan akhir April 2021 atau sebelum lebaran Idul Fitri 1442 H.

>>> Awas! SIM Bisa Dicabut Karena Alasan Ini

Foto Kakorlantas Irjen Pol Istiono

Korlantas mempermudah pembuatan dan perpanjangan SIM

Layanan perpanjangan SIM dan Samsat Online untuk STNK sebenarnya sudah berjalan. Namun masih sebatas registrasinya saja. Adapun untuk proses berikutnya masih dilakukan di kantor Satpas SIM atau kantor Samsat terdekat. Proses ini meski lebih mudah dibanding sebelumnya, namun masih cukup ribet. Misalnya untuk alamat yang jauh harus meluangkan waktu datang ke kantor Satpas atau kantor Samsat.

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top