Perpanjang SIM Lewat Aplikasi di HP? Nih Cara Tes Kesehatannya!

13/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Perpanjang SIM Lewat Aplikasi di HP? Nih Cara Tes Kesehatannya!
Proses perpanjang SIM kini bisa dilakukan melalui aplikasi di HP Anda. Pun demikian dengan tes kesehatan yang merupakan salah satu syarat perpanjangan SIM.

Surat keterangan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi pemohon saat memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi). Biasanya, pemohon perpanjangan SIM akan melakukan tes kesehatan di pergi ke Satpas.

Biasanya di unit pelayanan SIM seperti di Satpas, disediakan loket untuk menjalani tes kesehatan. Itu kalau Anda perpanjang SIM dengan cara manual. 

>>> Polisi Godok Ujian Praktik SIM Pakai Simulasi, Jadi Mirip Main Game

Tes Kesehatan Bisa Dilakukan Lewat Aplikasi

perpanjangan SIM

Dengan aplikasi, proses perpanjang SIM bisa dilakukan dari rumah

Lalu bila proses perpanjang SIM dilakukan melalui aplikasi Sinar yang ada di HP, bagaimana melengkapi persyaratan tes kesehatan tersebut? Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Komisaris Besar Jati bahwa dalam aplikasi Sinar juga tersedia layanan pemeriksaan kesehatan.

“Aplikasi ini baru, yang berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes,” ucap Jati dikutip laman NTMC Polri, Senin (12/4/2021).

Langkah yang bisa Anda lakukan pun tak rumit. Pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi digital Korlantas melalui App Store atau Play Store pada ponsel.

Kemudian, pemohon memverifikasi nomor telepon seluler dan muncul fitur registrasi mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya atau swafoto KTP/SIM (selfie).

Kemudian setelah itu verifikasi hasil e-RIKKES dan e-PPSI untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan secara elektronik. Jadi Dokkes Mabes Polri sudah memberitahukan kepada Dokkes seluruh polda.

Petugas Dokkes Polda memberitahukan ke kedokteran yang ditunjuk pada setiap wilayah untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap pemohon SIM. Setelah diperiksa, tim dokter mengunggah hasil pemeriksaan kesehatan dan psikotes, selanjutnya pemohon akan dinyatakan lolos atau tidak.

Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM

Ujian Teori SIM juga dilakukan lewat aplikasi

Tak Memenuhi Syarat, Permohonan SIM Bisa Ditolak

Aplikasi perpanjang SIM secara online ini juga mencantumkan rekening pembayaran dan pengembalian biaya bila permohonan ditolak karena tidak memenuhi syarat dalam waktu 14 hari. Sistem akan memverifikasi data pemohon perpanjang SIM melalui data NIK sesuai KTP dan swafoto SIM sebelumnya.

Selanjutnya, pemohon dapat memilih jenis SIM yang diajukan untuk diperpanjang masa berlakunya, pengiriman foto dan tanda tangan pemohon, serta terdapat pilihan lokasi Satpas saat pengambilan SIM. Selain itu, pemohon juga dapat memilih mengambil SIM sendiri, dikuasakan kepada orang lain atau dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia.

“Khusus perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satpas,” jelas Jati.

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top