Perluas ETLE, Ini Dia Lokasi 81 Kamera CCTV Tambahan yang akan Dipasang September-Oktober

08/07/2019

Pasar mobil

2 menit

Setelah menempatkan 12 kamera CCTV yang akan mendeteksi pelanggaran pengemudi di jalan, Polda Metro Jaya mengungkapkan akan memasang 81 kamera CCTV tambahan pada September dan Oktober mendatang.

Sebelumnya, 12 kamera CCTV sudah mulai dijalankan per 1 Juli 2019 lalu. Dilansir dari CNN Indonesia. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menjelaskan bahwa 81 kamera CCTV tambahan untuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan tersebar di beberapa titik.

 papan pengumuman yang menjelaskan kawasan tilang tilang elektronik
Akan ada 81 kamera CCTV yang tersebar di beberapa titik

Yusuf menjelaskan titik-titik yang akan digunakan yaitu Kota Tua – Gajah Mada, Simpang Harmoni – Jalan Medan Merdeka Barat, hingga Blok M. Yang kedua yaitu dari Grogol – Bandara Halim melewati Cawang. Sedangkan Jalan Rasuna Said Kuningan – Mampang dan diakhiri dengan jalur Cawang melalui Jalan D.i Panjaitan sampai Cempaka Putih.

>>> Unik, Nasib Avanza Vs Xpander Berkebalikan Seratus Persen

Sama seperti 12 kamera yang sudah terpasang sebelumnya, semua kamera CCTV akan mendeteksi pelanggaran di jalan, seperti mendeteksi pelanggaran pemasangan seat belt atau sabuk pengaman, penggunaan telepon genggam ketika mengemudi, batas kecepatan, hingga mendeteksi nomor pelat ganjil dan genap.

Fitur ini lebih canggih dibandingkan CCTV model lama yang hanya bisa mendeteksi pelanggaran lampu merah maupun marka jalan. Sedangkan anggaran penambahan 81 kamera tersebut masih menunggu kucuran dana dari pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ungkap Yusuf.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

petugas yang sedang memeriksa pelanggaran lalu lintas melalui CCTV
Kamera CCTV baru akan mendeteksi pelanggaran seat belt hingga penggunaan telepon genggam

Yusuf menjelaskan, "Nanti kalau ada fitur terbaru lagi kita akan tambah lagi; bisa itu. Nanti, kita lihat situasi kira-kira yang lebih prioritas karena jumlah pelanggaran kan banyak, tapi kita prioritaskan pelanggaran mana yang kira-kira berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.”

Sistem ETLE berbasis CCTV yang dijalankan sejak awal bulan lalu dipasang di sepanjang jalan Sudirman hingga Thamrin. Per 3 Juli lalu, pelanggaran yang sudah tercatat yaitu 437 pelanggaran lalu lintas dengan 269 pelanggar terkait dengan seat belt.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top