Perluas Ekspansi, Elon Musk Resmikan Gigafactory 3 Tesla ke Cina

12/01/2019

Pasar mobil
Perluas Ekspansi, Elon Musk Resmikan Gigafactory 3 Tesla ke Cina
CEO Tesla Elon Musk muncul pada sebuah acara pers di Shanghai Senin (7/1) lalu dalam upacara peletakan batu pertama untuk Gigafactory 3 milik Tesla. Fasilitas seluas 138.305 hektar tersebut akan menjadi awal produksi Tesla di Negeri Tirai Bambu.

Elon Musk yang aktif di Twitter mengkonfirmasi bahwa Gigafactory 3 akan melayani “wilayah Cina yang lebih besar; dan memproduksi kendaraan model 3 dan Model Y dalam salah satu cuitannya. Menariknya, hanya Model 3 yang lebih murah akan dibangun di sini, dengan versi ‘biaya lebih tinggi’ dari sedan populer Tesla tersebut masih akan dirakit di Fremont, California. Sementara komponen baterai akan diproduksi di Gigafactory 1.

Elon Musk menghadiri pembukaan Gigafactory 3 di Cina

Elon Musk ketika menghadiri peresmian Gigafactory 3 di Cina

Sebelumnya, Tesla sudah membuka pemesanan untuk Model 3 di Eropa dan Cina akhir pekan lalu. Biaya akhir untuk Model 3 di pasar Cina akan membebankan konsumen $ 72.600 (atau sekitar Rp 1 miliar) untuk model Long Range Dual Motor. Sedangkan varian Performance yang lebih lengkap akan dijual dengan harga $ 92.500 (Rp 1.3 Miliar). Tingginya harga disebut karena proses produksi yang dilakukan di Fremont.

>>>  Sadis, Penjualan Tesla Model 3 Sebulan Nyaris Kalahkan Penjualan Toyota Prius Setahun

Musk juga mengungkapkan tentang produksi Model Y yang berlangsung di fasilitas baru di Shanghai. Meskipun prototipe Model Y telah disetujui, Tesla relatif bungkam tentang detail dibalik crossover anyar tersebut. Musk sebelumnya memperkirakan bahwa Tesla akan mengungkapkan detail Model Y pada pertengahan Maret tahun ini.

Konstruksi awal Gigafactory 3 akan selesai musim panas tahun ini, terang Musk, dan telah merakit Model 3 yang diluncurkan awal tahun ini. Ia terus menyatakan bahwa produksi volume tinggi akan dilakukan mulai tahun depan. Namun jadwal tersebut masih dipertanyakan, mengingat pembuat mobil yang berbasis di Palo Alto, California belum memenuhi target 10.000 unit per minggu.

>>> Berita pasar mobil terbaru dari dalam dan luar negeri ada di sini

Elon Musk melihat beberapa mobil Tesla di Cina

Peresmian akan membuat harga Tesla di Cina menjadi lebih murah

Menurut angka penjualan yang dikeluarkan oleh pembuat mobil, Tesla kurang dari setengah produksi per minggu pada akhir 2018, atau sekitar 4.858 unit. Sedangkan pabrik Fremont Tesla memiliki kapasitas produksi paling banyak 7.000 unit kendaraan per minggu dalam kondisi saat ini.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top