Perkembangan Mobil Listrik Indonesia: Stasiun Pengisian Ultra-Fast dan Kerja sama Hyundai – Grab

07/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Perkembangan Mobil Listrik Indonesia: Stasiun Pengisian Ultra-Fast dan Kerja sama Hyundai – Grab
Pertama dan (masih) satu-satunya di Indonesia, PLN membangun stasiun pengisian listrik untuk mendukung pengembangan mobil listrik Indonesia. Bertempat di halaman kantor PLN ini mampu mengisi baterai mobil listrik dari kosong hingga penuh hanya dalam 20 menit.

Sebagai salah satu cara menggenjot perkembangan mobil listrik Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik UMUM (SPKLU) PLN ultra-fast charging. Stasiun pengisian berkapasitas 150 kiloWatt ini disebut mampu mengisi baterai mobil listrik dari kosong hingga 100% hanya dalam waktu 20 menit.

Peresmian stasiun pengisian listrik ditengarai merupakan bukti PLN untuk turut mendukung pengembangan mobil listrik di Tanah Air. Terletak d kawasan halaman kantor PLN Unit Induk Distribusi UID Gambir, Jakarta Pusat, SPKLU ini menjadi stasiun ultra-fast charging pertama dan satu-satunya di Indonesia.

peresmian SPKLU milik PLN berwarna biru

Peresmian SPKLU ultra-fast charging milik PLN

>>> PLN Kasih Diskon 50 Persen untuk Pengguna Kendaraan Listrik

Selain itu, PLN UID Jakarta pun menyiapkan 2 unit SPKLU berteknologi fast-charging. Satu unit berdasar 50 kiloWatt yang mampu mengisi baterai mobil listrik hingga penuh dalam kisaran waktu 1 jam hingga 1.5 jam. Sedangkan unit lainnya berdaya 25 kiloWatt dengan kisaran pengisian 2.5 jam hingga 3 jam.

Saat ini, sudah ada 6 unit SPKLU milik PLN yang tersebar di halaman kantor PLN UID Jakarta Raya (3 unit), halaman kantor PLN UP3 Bulungan (3 unit), Senayan City Mall (1 unit), dan AEON Mall Bumi Damai (1 unit). Selain rencana pembangunan SPKLU di Pondok Indah Mall, PLN berencana membangun 10 SPKLU secara bertahap sampai tahun depan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Kerjasama Hyundai – Grab untuk Mobil Listrik Indonesia

Setelah diterbitkannya aturan PPnBM di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober mendatang, geliat mobil listrik Indonesia semakin kencang. Yang terbaru, Hyundai dilaporkan akan bekerja sama dengan Grab untuk memproduksi sekalogis memperkenalkan mobil listrik di Tanah Air.

Hyundai Ioniq Grab berwarna perak dan hijau

Kerja sama Hyundai dan Grab akan produksi mobil listrik

Dijelaskan oleh Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), kerja sama ini bertujuan untuk membahas tentang pengembangan mobil listrik. Sedangkan Hendrik masih belum mengungkapkan informasi detail serta teknis yang masih dalam proses.

Wacana ini adalah pengembangan dari hasil pertemuan Mentri Ekonomi Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan CEO Grab Anthony Tan awal tahun 2019 lalu. Pertemuan lanjutan dilaksanakan pada Juli ketika kunjungan salah satu investor utama Grab, CEO SoftBank Masayoshi Son menemui Presiden Joko Widodo.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Diluncurkan 2021, Foto Interior SUV listrik BMW Bocor

06/11/2019

Mobil baru

4 menit

Masih ada waktu sekitar satu atau dua tahun lagi untuk menunggu hadirnya SUV listrik pertama dari BMW, namun bocoran interior mobil yang kemungkinan akan diberi nama BMW iNext itu sudah beredar di dunia maya.

Lihat juga

PLN Kasih Diskon 50 Persen untuk Pengguna Kendaraan Listrik

06/11/2019

Event - Promosi

5 menit

PLN memberikan insentif kepada para pengguna kendaraan listrik. Insentifnya berupa diskon tarif listrik hingga 50 persen bagi yang charging kendaraan listriknya di rumah.

Lihat juga

Buat Pembeda di Jalan Raya, Kendaraan Listrik Bakal Pakai Penanda Khusus

02/11/2019

Pengemudian

3 menit

Tak ada perbedaan signifikan terkait kewajiban yang harus ditaati agar bisa dioperasikan di jalan raya antara kendaraan konvesional dan kendaraan listrik. Namun polisi bakal memberi penanda khusus agar kendaraan listrik bisa dikenali secara mudah oleh petugas maupun pengguna jalan yang lain.

Lihat juga

Nissan Dukung Acara Jakarta Langit Biru Dengan Membawa Kendaraan Listriknya

30/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Sebagai bentuk dukungan dan kampanye program mobil listrik di Indonesia, Nissan berpartisipasi dalam beberapa acara yang diselenggarakan oleh berbagai pihak dengan membawa serta Nissan LEAF dan teknologi e-POWER.

Lihat juga

Mulai Merambah Mobil Listrik, PLN Ikut IIMS Surabaya 2019

01/11/2019

Pasar mobil

4 menit

Melihat Pemerintah Indonesia yang terus memberi dukungan terkait mobil listrik, PLN dirasa harus berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi otomotif terbaru ini. IIMS Surabaya 2019 dijadikan wadah terlaksananya hal tersebut.

Lihat juga
 
back to top