Periksa Kerusakan Mobil Bisa Dilakukan Lewat Identifikasi Suara

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Periksa Kerusakan Mobil Bisa Dilakukan Lewat Identifikasi Suara
Aplikasi Skoda Sound Analyzer membandingkan suara mesin dan sistem lainnya dengan pola tersimpan untuk membantu periksa kerusakan mobil. Bagaimana bisa ya?

Skoda telah mengembangkan aplikasi yang dapat mendengarkan suara mobil dan membantu teknisi periksa kerusakan mobil dari pola suara yang dihasilkan. Skoda Sound Analyzer, dirancang dan dikembangkan oleh tim perangkat lunak Skoda merekam suara mesin dan perangkat lain seperti unit AC dan membandingkannya dengan pola suara yang tersimpan.

>>> Luar Biasa, Skoda Octavia Combi RS Susul Anak Panah Berkecepatan 215 Km/Jam

Gambar menunjukan Skoda Sound Analyzer

Aplikasi Skoda Sound Analyzer 

Mengidentifikasi Kerusakan Mobil

Jika suaranya tidak normal, aplikasi Skoda Sound Analyzer akan menggunakan algoritma untuk menyelesaikan masalah, memberikan diagnosis instan kepada teknisi dan mengurangi lamanya waktu mobil harus keluar dari jalan raya.

Aplikasi tersebut saat ini mampu mengenali 10 jenis suara, seperti yang dibuat oleh sistem kemudi, AC, dan gearbox otomatis dengan kopling ganda. Skoda sedang dalam proses menambahkan lebih banyak pola suara ke database aplikasi yang juga akan diperluas untuk menyertakan item layanan lainnya.

Aplikasi yang dapat periksa kerusakan mobil ini telah diujicobakan di 14 negara, termasuk Jerman, Rusia, Austria dan Prancis, sejak Juni 2019, dengan 245 dealer Skoda ikut serta, dan memiliki tingkat keberhasilan 90% untuk mendiagnosis masalah. Namun sayangnya sejauh ini sistem tersebut hanya kompatibel dengan model Skoda sendiri. Tetapi yang jelas ujicoba ini memainkan peran kunci dalam menyediakan rekaman audio untuk proses pembelajaran perangkat lunak yang berkontribusi pada pengembangan program. 

>>> Beli Mobil Bekas Tidak Perlu Repot, Cek Unit Bisa Lewat Video Call

Gambar menunjukan Skoda Sound Analyzer 

Aplikasi Skoda Sound Analyzer 

Masih Dalam Tahap Uji Coba

“Sound Analyzer adalah contoh utama dari peluang baru yang dapat diciptakan oleh digitalisasi di Skoda, bahkan dalam hal aftersales. Kami akan terus menggunakan teknologi kecerdasan buatan secara konsisten untuk menawarkan layanan yang lebih dipersonalisasi kepada pelanggan kami, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan lebih jauh." kata bos purnajual Skoda Stanislav Pekař seperti dikutip dari laman Autocar UK.

Berdasarkan kecerdasan buatan, teknologi Skoda Sound Analyzer dapat melakukan fungsi kognitif yang hanya mampu dilakukan oleh manusia. Program semacam itu dapat berinteraksi dengan lingkungannya, memahami dan mengevaluasi fakta, atau memecahkan masalah tertentu. 

Sayangnya masih belum diketahui apakah aplikasi Skoda Sound Analyzer akan digunakan di masa depan. Namun, seorang juru bicara perusahaan menekankan bahwa proyek tersebut masih dalam tahap percontohan dan uji coba lebih lanjut diperlukan sebelum teknologi tersebut diperkenalkan secara resmi.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top