Peraturan Ganjil Genap Ditiadakan, Jalanan Jakarta Lebih Macet

18/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Peraturan Ganjil Genap Ditiadakan, Jalanan Jakarta Lebih Macet
Sejak hari pertama kebijakan peraturan ganjil genap ditiadakan ternyata berimbas pada volume kendaraan bermotor yang meningkat di jalan-jalan protokol di Jakarta. Karenanya kebijakan ini akan dievaluasi kembali.

Mulai Senin, 16 Maret 2020, peraturan Ganjil Genap (GaGe) ditiadakan sementara. Pencabutan peraturan pembatasan kendaraan bermotor ini rencananya akan berlaku hingga 30 Maret 2020. Sayangnya kebijakan dalam kondisi darurat itu berimbas pada situasi lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, adanya kebijakan untuk tidak memberlakukan ganjil genap menimbulkan kepadatan lebih banyak disejumlah jalan protokol di Jakarta. Bahkan kepadatan ini terlihat lebih lama dari hari-hari biasanya.

>>> Hingga 2 Pekan Mendatang, Peraturan Ganjil Genap Ditiadakan

Hingga Malam Hari Masih Macet

rambu lalu lintas kawasan ganjil genap

Pencabutan sementara peraturan ganjil genap hingga 30 Maret 2020

>>> Ada berbagai promo mobil baru dengan diskon menarik disini

Kombes Sambodo menilai, situasi kondisi lalu lintas di sejumlah jalan protokol di Jakarta terlihat berbeda dibanding hari-hari sebelumnya. "Biasanya jam 8 dan 9 sudah longgar arus lalu lintas, kemarin saat pelaksanaan ditiadakan Gage, sampai malam masih terjadi kepadatan," katanya seperti Cintamobil.com kutip dari NTMC Polri, Rabu (18/03/2020).

Lebih lanjut Sambodo menuturkan, pada hari pertama pelaksanaan, sudah terlihat peningkatan volume kendaraan. Padahal di lokasi tersebut merupakan jalur-jalur protokol yang selama ini dibatasi jumlah kendaraannya melalui penerapan pelat nomor ganjil di tanggal ganjil dan pelat nomor genap di tanggal genap.

Akan Dievaluasi Kembali

kawasan pemberlakukan ganjil genap

Dalam waktu dekat akan dievaluasi kembali apakah terus dilanjutkan atau tidak

>>> Cari mobil bekas yang masih berkualitas? Cintamobil.com sajikan pilihan yang paling lengkap buat Anda

Melihat perkembangan volume kandaraan bermotor yang lebih padat dibanding hari-hari sebelumnya, Kombes Sambodo menilai akan mengevaluasi kebijakan tersebut. "Nanti kita melihat perkembangan arus lalu lintas selama tiga hari ke depan. Bagaimanapun kebijakan lalu lintas sifatnya multi stake holder," katanya.

Kebijakan pencabutan peraturan ganjil genap merupakan hasil instruksi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kebijakan ini dimunculkan demi mendorong masyarakat tidak menggunakan transportasi massal yang menjadi sumber penyebaran virus corona tertinggi. Meskipun sistem GaGe ditiadakan, namun sistem tilang elektronik tetap berlaku.

>>> Berita otomotif menarik yang terbaru dan terlengkap ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top