Peraturan Baru! Ini Batas Usia Pembuatan SIM Per September 2021

03/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Peraturan yang baru saja diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia per bulan September 2021 kali ini menjelaskan tentang batas usia pembuatan SIM terbaru.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 yang menjelaskan tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM), ada perubahan batas usia pembuatan SIM terbaru yang diberlakukan di Indonesia per tanggal 1 September 2021 lalu.

Batas usia minimal

Dilansir dari laman Instagram @imi.dki, ada empat persyaratan yang Anda butuhkan untuk membuat SIM, yaitu administrasi, kesehatan, lulus ujian, dan usia yang memenuhi. Persyaratan ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 7.

Batas usia pembuatan SIM terbaru dalam Instagram imi.dki
Peraturan terbaru mengenai batas usia pemilik SIM kendaraan

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Postingan tersebut juga merilis batas usia terbaru bagi pembuatan SIM yang berbeda-beda tergantung tipe SIM yang Anda inginkan. Berikut ketentuannya.

  • Minimal 17 tahun untuk pemilik SIM A, SIM C, SIM D, dan SIM D1
  • Minimal 18 tahun untuk pemilik SIM C1
  • Minimal 19 tahun untuk pemilik SIM C2
  • Minimal 20 tahun untuk pemilik SIM A Umum dan SIM B1
  • Minimal 21 tahun untuk pemilik B2
  • Minimal 22 tahun untuk pemilik SIM B1 Umum
  • Minimal 23 tahun untuk pemilik SIM B2 Umum

Peraturan terbaru langsung membedakan batas usia minimal pemohon SIM berdasarkan jenis sepeda motor yang digunakan. Termasuk batas usia 18 tahun bagi pengguna SIM C1 untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250-500 cc atau jenis motor listrik dan 19 tahun bagi Anda yang ingin mengendarai sepeda motor berkapasitas silinder di atas 500 cc atau motor listrik untuk SIM C2.

>>> Dispensasi Perpanjangan SIM Mati Berlanjut Hingga 7 September

Batas usia maksimal

Ketentuan ini sangat berbeda dibandingkan batas usia pada pembuatan SIM yang diberlakukan sebelum tahun 2021. Sebelum ini, setiap WNI yang berusia di atas 18 tahun sudah diperbolehkan untuk membuat SIM. Sedangkan peraturan ini tidak membatasi batas usia maksimal pembuatan SIM, bahkan bagi pengguna lansia berusia lebih dari 60 tahun.

pengemudi lansia dalam batas usia maksimal pembuatan SIM
Tidak ada batas usia maksimal bagi pemilik SIM

Untuk proses pengurusan SIM, selama pemohon lanjut usia menyertakan surat keterangans sehat jasmani dari dokter yang menerangkan bahwa pemohon benar-benar bisa mengendarai kendaraan, maka hal tersebut masih memungkinkan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top