PERANG TOTAL! Inilah perang total All New Nissan Livina vs Rival, Mana Yang Terbaik?

22/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
PERANG TOTAL! Inilah perang total All New Nissan Livina vs Rival, Mana Yang Terbaik?
Inilah definisi dari perang total versi kami dari Cintamobil.com. Bukan di ranah politik yang sedang menjadi tren di awal tahun 2019 ini, melainkan sebuah peperangan besar mobil-mobil dikelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Mana yang terbaik? Inilah perang total All New Nissan Livina vs Rival

Ketatnya persaingan segmen low MPV sudah tersaji di awal 2019 ini. Belum genap dua bulan semua pabrikan yang memiliki model di segmen ini telah melakukan penyegaran demi menarik simpati konsumen. Mulai dari penyegaran minor hingga yang benar-benar baru yang sebelumnya belum pernah ada. Dipastikan konsumen bakal bingung jika disuruh memilih mana yang terbaik sebab semua memiliki kelebihannya masing-masing.

Foto Peluncuran All New Nissan LIVINA dan All New Nissan SERENA di Jakarta

Segmen Low MPV makin sengit dengan datangnya model-model baru

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Dimulai dari yang pertama, ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kedua low MPV sejuta umat ini diluncurkan di hari yang sama (15 Januari 2019) meski tempatnya berbeda. Kemunculannya menjadi hal yang sangat dinanti mengingat kedua model ini sudah 4 tahun tidak mendapatkan penyegaran sejak penyegaran terakhir dilakukan tahun 2015. Memang tidak menjadi All New, tapi perubahan yang diberikan Toyota dan Daihatsu benar-benar membuat Avanza dan Xenia tampil lebih kekinian.

Wajah Avanza kini lebih mewah dengan desain lampu bertumpuk ala Toyota Vellfire yang dipisah dengan garnish senada dengan warna bodi. Toyota juga mengganti fitur on off mesin menjadi lebih modern dengan Engine Start Stop Button pada varian tertinggi Avanza yaitu Veloz semua tipe. Penyegaran tidak hanya di bagian eksterior dan interior, tapi juga merambah bagian kaki-kaki. Dengan suspensi baru saat ini Toyota Avanza dan Veloz baru menjadi lebih nyaman dan stabil dikendarai.

Senada dengan perubahan Toyota Avanza 2019, Daihatsu Xenia 2019 juga tampil lebih kekinian. Dengan konsep modern, tought dan sporty Daihatsu menyematkan perubahan sektor eksterior mulai dari bagian depan dan belakang yang lebih modern hingga penggunaan velg alloy di keempat rodanya. Untuk mesin, Daihatsu Xenia kini punya varian baru 1.500 cc seperti Avanza yang membuat konsumen punya lebih banyak pilihan.

Untuk harga Avanza saat ini dijual mulai Rp 191.100.000,00 untuk varian terendah 1.3E M/T hingga Rp 239.450.000,00 untuk varian tertingi Veloz 1.5 A/T. Sementara Daihatsu Xenia baru atau Grand New Xenia dijual mulai Rp 183.350.000 untuk varian terendah 1.3 X MT hingga Rp 228.950.000 untuk varian tertinggi 1.5 R DELUXE AT.

>>> Review Toyota Avanza Veloz 2019

Meski bukan All New, perubahan New Avanza dan Grand New Xenia cukup signifikan

Suzuki Ertiga

Tanpa kehebohan dan seremoni PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagaimana rilis di situs resminya juga melakukan penyegaran pada All New Ertiga GL dan GX dengan menambahkan beberapa fitur yang membuat keduanya makin progresif. All New Ertiga GL kini memiliki fog lamp sebagaimana tipe GX. Untuk tipe GX juga makin sporty dengan adanya velg alloy dual tone, head unit layar sentuh dan dashboard bernuansa premium. Tipe GX juga dilengkapi AC Auto Climate with heater untuk mengatur suhu udara sesuai keinginan dan juga fitur penghilang embun Defogger pada kaca belakang. Fitur lain yang untuk menunjang kenyamanan, tipe GL dan GX dilengkapi assist grip foldable pada plafon baris pertama dan kedua yang bisa digunakan berpegangan saat mobil mengalami guncangan.

Untuk harga All New Ertiga saat ini dijual mulai Rp 196.000.000 untuk tipe GA - MT hingga Rp 241.500.000 untuk tipe GX - AT ESP.

>>> Review Suzuki All New Ertiga 2019

Foto dua orang model bersama Suzuki Ertiga

Tanpa seremoni SIS menambahkan fitur baru pada All New Ertiga

Nissan Livina

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan All New Nissan Livina sebagai pengganti Nissan Grand Livina pada 19 Februari 2019 lalu. Dibanding dengan Nissan Grand Livina, Nissan Livina baru benar-benar berubah total tanpa sedikitpun kesamaan selain nama Livina itu sendiri. Nissan Livina lebih mirip Mitsubishi Xpander meski hal tersebut dibantah oleh pihak Nissan. Terlepas dari mau tidaknya Nissan Livina dianggap sebagai Xpander 'rebadge', model terbaru dari Nissan ini telah membangkitkan semangat baru bagi NMI untuk semakin kompetitif.

Hadir dengan basis Mitsubishi Xpander, All New Nissan Livina memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di bagian depan Nissan Livina tetap mengusung desain grill V-Motion khasnya Nissan, bukan Dynamic Shield milik Mitsubishi. Di bagian belakang desain juga berbeda cukup mencolok. Lebih lengkap tentang perbedaan All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, Anda bisa membacanya di sini!

All New Nissan Livina dibekali dengan head unit layar sentuh 7 inchi yang terkoneksi dengna Apple dan Android Auto. Untuk kenyamanan dan keselamatan selain dibekali fitur standar seperti Airbags, Isofix dan ABS, Nissan Livina juga dibekali fitur keselamatan lain seperti Hill Start Assist, I-Key, Start/Stop Button, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, sampai setir yang pengaturannya bisa tilt maupun telescopic sesuai kenyamanan pengemudi.

Untuk harga All New Nissan Livina saat ini dijual mulai Rp 198.800.000 untuk tipe E M/T hingga Rp 261.900.000 untuk tipe VL AT

>>> Review All New Nissan Livina VL 2019

All New Nissan Livina benar-benar berbeda dengan Nissan Grand Livina

Honda Mobilio

Yang terbaru, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan versi penyegaran dari low MPV Honda Mobilio. Di bagian eksterior HPM melengkapinya dengan New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light, New 15” Two Tone Alloy Wheel, dan under spoiler di bagian depan, samping serta belakang. Khusus tipe RS dilengkapi dengan New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light serta New 15” Two Tone Alloy Wheel Design, New Shark Fin Antenna dan New Smoked Rear Combi Lamp.

Di bagian interior Honda Mobilio 2019 dilengkapi New 6,2” Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD. Lalu ada warna baru pada bagian dashboard dan interior yang berwarna hitam dan ivory (two-tone), serta pola kain baru yang melapisi seluruh kursi kabin. Khusus tipe RS dilengkapi dengan New Advanced 8” Capacitive Touchscreen Display Audio dan sentuhan warna oranye di dashboard dan jahitan pada kursi mobil, serta desain baru pada bagian meter cluster berlogo RS.

>>> Baca juga: Bak Pinang Dibelah Dua! Ini Perbedaan Detail New Honda Mobilio 2019 Dengan Honda Mobilio 2018

Selain perubahan di bagian eksterior dan interio, Honda Mobilio 2019 didukung mesin 1.5L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya. Dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology, New Honda Mobilio juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Untuk fitur keselamatan Honda Mobilio 2019 dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbags, sistem pengereman ABS dan EBD. Pada varian RS terdapat tambahan fitur yaitu Vehicle Stability Assist (VSA) untuk menjaga mobil tetap stabil meskipun melaju di kecepatan tinggi dan Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil mundur sendiri saat ditanjakan.

Untuk harga New Honda Mobilio saat ini dijual mulai Rp 194.000.000 untuk tipe S Manual hingga Rp 248.000.000 untuk tipe RS CVT.

>>> Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?

Tidak ingin ketinggalan Honda Mobilio turut disegarkan

Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero?

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi dikabarkan bakal melakukan penyegaran pada Xpander agar tetap kompetitif dengan Avanza, namun hingga kini belum dilakukan. Meski demikian hal itu cukup dimaklumi. Selain merupakan model baru yang belum lama diluncurkan dan masih jadi idola, Mitsubishi Xpander juga baru saja mendapatkan dua varian baru yang diluncurkan di GIIAS 2018.

Mitsubishi Xpander kini tersedia dalam 8 pilihan tipe dengan harga mulai Rp 206.100.000 untuk tipe terendah GLX M/T hingga Rp 260.900.000 untuk tipe tertinggi ULTIMATE A/T.

>>> Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018

Foto Mitsubishi Xpander tampak dari samping depan

Masih baru, Mitsubishi Xpander belum disegarkan

Wuling Confero S

Hingga saat ini hanya Wuling Confero S yang sedikitpun belum mendapat sentuhan penyegaran. Low MPV merek China ini masih sama dengan saat diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Sepertinya Wuling Motors memang cukup percaya diri. Meski tanpa penyegaran Wuling Confero S sudah memiliki fitur-fitur premium.

Di bagian eksterior ada lampu utama Adjustable Projector Headlight dengan Follow Me Home. Pencahayaan bisa diatur sesuai keinginan pengemudi. Depan belakang sudah dilengkapi dengan fog lamp LED serta sensor parkir 2 di bagian depan dan 4 di bagian belakang. Di bagian interior ada head unit layar sentuh 8 inchi yang compatible dengan koneksi USB, Bluetooth dan smartphone. Head unit juga menampilkan otomatis menampilkan visual kamera parkir di belakang saat tuas persneling dipindah ke gigi R (mundur) yang membuat parkir lebih nyaman dan mudah.

Di bagian interior juga ada meter cluster yang tampil mewah lengkap dengan layar MID (Multi Information Display) akan menampilkan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengetahui tekanan ban dan menampilkan ikon pintu terbuka serta menunjukkan posisi pintu yang terbuka. Fitur keselamatan Wuling Confero S juga cukup mumpuni dengan adanya dual front SRS airbag, rem cakram di semua roda, sistem pengereman ABS dan EBD, Immobilizer, seat belt di semua baris kursi hingga Anti Theft System.

>>> Review Wuling Confero S 1.5L 2018 MT

Saat ini Wuling Confero S dijual mulai Rp 143.800.000 untuk tipe 1.5 MT Double Blower hingga Rp 178.800.000 untuk tipe S 1.5 L Lux+ MT. Menurut Anda, kira-kira sudah perlu belum Wuling Motors melakukan penyegaran pada Wuling Confero S?

Foto Wuling Confero S tampak samping depan

Harga terjangkau dengan fitur berlimpah, Wuling Motors masih percaya diri dengan Confero S

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Makin Serius, Wuling Bakal Punya Lembaga Pembiayaan Sendiri

09/02/2019

Jual beli

Tidak hanya meluncurkan produk-produk baru berkualitas dan berlimpah fitur, keseriusan Wuling berbisnis di Indonesia juga ditunjukkan dengan cara lain. Demi memberi kemudahan kepada calon konsumen yang ingin memiliki mobil, Wuling bakal punya lembaga pembiayaan sendiri. Bagaimana persiapannya saat ini?

Lihat juga

Yang Unik Dari Wuling Confero S, Sangat Langka di Dealer Mobil Bekas

07/02/2019

Pasar mobil

Umumnya tidak butuh waktu lama bagi mobil baru untuk tersedia di pasar mobkas. Tidak untuk model yang satu ini, Wuling Confero S. Meski sudah hampir dua tahun mengaspal di Indonesia, versi bekasnya masih langka dan sulit ditemukan di dealer mobil bekas.

Lihat juga

Kurang Dari 200 Juta, Yuk Diadu Fitur Toyota Avanza Tipe Terendah Dengan Wuling Confero S Tipe Tertinggi

23/01/2019

Jual beli

Saat Anda kepikiran beli mobil baru buat keluarga dan uang Anda kurang dari Rp 200 juta, ada beberapa mobil keluarga yang tersedia dan bisa Anda boyong seperti Toyota Avanza Tipe Terendah Atau Wuling Confero S Tipe Tertinggi. Meski demikian Anda mesti bijaksana dalam menentukan pilihan agar tidak kecewa di kemudian hari. Lalu mending mana jika keduanya dikomparasi?

Lihat juga

Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT

19/07/2018

Editor rate:

Dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan rival sekelasnya asal Jepang, membuat kehadiran Wuling Confero S 1. L MT 2018 patut diwaspadai. Dan inilah alasan mengapa kompetitor Jepang harus sangat mewaspadai kehadirannya.

Lihat juga

Wuling Confero 2020: Harga mobil Confero & Promo Oktober

01/10/2020

Wuling

Wuling Confero S ACT menghadirkan transmisi terbaru khusus bagi konsumen. Berapa harganya? Mari kita simak bersama daftar harga Wuling Confero terbaru.

Lihat juga