Perang Mobil Listrik, Huawei Siapkan Pesaing Apple Car Rilis 2025

14/06/2021

Pasar mobil

2 menit

2025 diprediksi menjadi era baru dari mobil listrik setelah Huawei mengkonfirmasi sedang mengembangkan pesaing Apple Car yang dirilis beberapa tahun mendatang.

Setelah sebelumnya dikabarkan sedang mempersiapkan chip untuk teknologi mobil, laporan terbaru mengungkapkan bahwa Huawei akan merilis mobil self-driving mereka pada tahun 2025 mendatang. Kepastian ini tercipta setelah Huawei mengungkapkan Richard Wu sebagai pemimpin dalam strategi otomotif pada bulan Mei lalu.

Siap dirilis tahun 2025

Raksasa teknologi China, Huawei, baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka siap untuk meluncurkan mobil otonom pada tahun 2025. Perusahaan yang dikenal sebagai penghasil smartphone dan peralatan elektronik ini siap memproduksi perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan pintar dari merek mereka sendiri.

mobil listrik Huawei SF5 berwarna biru
Huawei SF5 yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu

>>> Selain Tesla, 13 Kendaraan Listrik Juga Dikalahkan Wuling MINI EV

Dilansir dari Autoevolution, pernyataan ini dijelaskan sendiri oleh Wang Jun selaku eksekutif senior di unit kendaraan pintar Huawei beberapa waktu lalu. Jika benar, maka Huawei akan menjadi pabrikan elektronik yang siap menggeser Apple Car dan mobil listrik Baidu yang juga sedang dikembangkan.

Sebelumnya, Richard Wu memperkenalkan sistem jangkauan penggerak listrik terbaru Huawei DriveOne Three-In-One Electric Drive. Dikenal dengan nama SERES SF5, sistem ini menawarkan jangkauan 180 km dalam mode listrik murni untuk kebutuhan komuter perkotaan sehari-hari dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,68 detik.

>>> Hidupkan Proyek Model Listrik, Apple Rekrut Mantan Petinggi BMW

Pesaing Apple Car

Persaingan di era mobil listrik dan mobil otonom sedang memasuki era baru. Huawei mempersiapkan mobil listrik buatannya sebagai alternatif premium dari Apple Car yang dipercaya akan dirilis pada 2024 mendatang. Hanya saja polemik mengenai siapa yang akan mengembangkan Apple Car masih menjadi misteri.

konsep Apple Car berwarna putih
Apple Car dipersiapkan meluncur akhir 2024

Mengingat perjanjian mereka dengan Hyundai dan beberapa pabrikan lainnya menemui jalan buntu. Apple Inc. yang getol memproduksi kendaraan listrik beberapa waktu lalu dikabarkan telah merekrut Ulrich Kranz, mantan petinggi BMW yang berada di balik pengembangan BMW i3 dan i8.

Teknologi self-driving atau mobil yang bisa berkendara sendiri dari Huawei sangat mungkin dikembangkan sebagai model premium. Beberapa laporan menyebutkan bahwa model tersebut akan menggunakan teknologi mobil otonom dari Harmony OS, platform milik Huawei yang menghadirkan sistem perangkat lunak all-in-one untuk Android.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru terbaik hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top