Penyekatan Jalan Masih Berlaku di Seluruh Provinsi Jawa-Bali

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski sedikit dilonggarkan di masa perpanjangan PPKM Level 4 kali ini, seluruh provinsi di Jawa dan Bali masih berlakukan penyekatan jalan dan penjagaan.

Perpanjangan PPKM Level 4 Jawa-Bali berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 dengan sejumlah kelonggaran. Seperti pasar sembako yang diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan, usaha kecil seperti pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan lainnya yang boleh beroperasi hingga malam (jam 20.00 / 21.00 waktu setempat).

Penyekatan jalan masih berlaku

Dalam hal mobilitas warga mayoritas masih dibatasi. Seluruh provinsi di masih memberlakukan penyekatan jalan di sejumlah titik, seperti di perbatasan antar provinsi, perbatasan antar kabupaten, hingga akses ke pusat kota.

>>> Ini Wilayah yang Terapkan PPKM Level 4 dan Level 3 di Jawa-Bali

Foto Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM tahap ketiga

Pemerintah memperpanjang PPKM hingga 2 Agustus 2021

  • DKI Jakarta

Polda Metro Jaya masih mengaktifkan 100 titik penyekatan jalan di Jakarta dan wilayah penyangga seperti Depok, Tangerang, dan Bekasi. Petugas gabungan tetap memeriksa kelengkapan dokumen bagi warga yang melintas, baik itu Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), kartu vaksin, maupun bukti negatif Covid-19 yang lain.

“Iya masih berlaku (100 titik penyekatan),” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dari metro.polri.go.id, Senin (26/7/2021).

  • Jabar

Penyekatan ketat di Jawa Barat dilakukan di kota/kabupaten yang masuk wilayah PPKM Level 4, seperti di Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Purwakarta. Sedangkan di wilayah PPKM Level 3 lebih longgar. Bahkan di Kabupaten Garut yang sudah berstatus PPKM Level 3 sudah tidak ada lagi penyekatan, diganti dengan rekayasa lalu lintas.

"Kita masuk level tiga, Alhamdulillah artinya ada penurunan jumlah penderita Covid-19 di Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada awak media. "Sekarang itu tidak ada penyekatan, yang ada hanyalah rekayasa lalu lintas, PKL boleh buka tapi dengan prokes daerah wajib atau patuh prokes," lanjutnya.

Foto menunjukkan Penyekatan jalan Kota Tasikmalaya

Akses Kota Tasikmalaya, Jawa Barat ditutup saat PPKM Darurat

  • Jatim

Di Jawa Timur penyekatan jalan tetap berlaku dan belum dilonggarkan sama sekali. Seperti di Bundaran Waru Sidoarjo yang menjadi akses utama masuk Kota Surabaya, hanya kendaraan tertentu yang diizinkan melintas.

"Pelonggaran penyekatan dan penutupan ruas jalan raya dan tol masih menunggu petunjuk dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Lalu untuk jam malam, akan disesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, di Mapolda Jatim, Senin (26/7/2021)

Di Jatim sendiri terdapat 7 titik penyekatan jalan perbatasan antar provinsi, 20 titik pembatasan pengendalian antar rayon, dan 62 titik penyekatan antar kabupaten.

  • DIY

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga masih memberlakukan penyekatan jalan. Hanya saja lebih longgar dengan menerapkan sistem buka tutup. Cara ini dilakukan agar para pedagang dan PKL masih bisa mencari nafkah dengan berjualan.

“Mungkin hanya dua-tiga hari jalan itu ditutup nanti pindah di tempat lain, semoga dengan kondisi yang sedang dicoba diterapkan pemerintah ini, masyarakat bisa lebih merasa nyaman,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono, seperti diunggah di akun Instagram @gumasjogja, Senin (26/7/2021).

>>> Syarat Naik Mobil Pribadi Selama PPKM Level 4

Foto menunjukkan suasana penyekatan di perbatasan Jateng-DIY

Masih ada pemeriksaan di perbatasan DIY - Jawa Tengah

  • Banten

Penyekatan jalan di Provinsi Banten berlaku, khususnya di wilayah PPKM Level 4 seperti Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon. Pengendara dari luar kota yang tidak memenuhi persyaratan diputarbalikkan ke daerah asal.

  • Bali

Jalanan di Provinsi Bali juga masih disekat, khususnya di perbatasan antar kabupaten/kota. Sedangkan untuk penyekatan dalam kota seperti di Kabupaten Buleleng ditiadakan sementara, menyesuaikan jam operasional usaha kecil seperti PKL, toko retail, warung makan, dan yang lain. Diharapkan kelonggaran ini bisa dimanfaatkan namun tetap dalam kendali protokol kesehatan.

“Sementara yang di dalam kota ditiadakan, ini sementara loh ya, kalau untuk di perbatasan tentunya masih dan itu untuk antar kabupaten,” kata Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya, Senin (26/7/2021)

>>> Cari mobil bekas plat nomor Bali, temukan di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top