Penutupan 27 Pintu Keluar Tol Jateng Berlanjut Hingga 25 Juli

23/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Seiring perpanjangan PPKM Darurat oleh Pemerintah Pusat, Polda Jateng memutuskan memperpanjang penutupan 27 pintu keluar tol Jateng hingga 25 Juli 2021.

Penutupan 27 pintu keluar tol di Jawa Tengah tidak jadi berakhir hari Kamis, 22 Juli 2021. Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah melanjutkannya hingga Minggu, 25 Juli. Keputusan tersebut diambil mengikuti perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi PPKM levelling oleh Pemerintah Pusat.

"Sampai tanggal 25 sesuai PPKM," tutur Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy kepada awak media, Kamis (22/7/2021).

Apakah setelahnya bakal langsung dibuka atau tidak, menunggu kebijakan lanjutan dari Pemerintah Pusat. Yang jelas selama masa penutupan pihaknya beserta petugas gabungan dari TNI, Satpol PP, dan instansi lain yang berkaitan bakal melakukan penjagaan secara serius dan disiplin, serta mengedepankan sikap humanis.

>>> PPKM Darurat Diperpanjang, Penyekatan Masih Berlaku

Foto menunjukkan Penyekatan di Gerbang Tol Ungaran

Polda Jateng memperpanjang penyekatan di exit tol

Akses untuk kendaraan tertentu

Dengan belum dibukanya pintu tol, praktis hanya kendaraan-kendaraan tertentu saja yang boleh melintas dan masuk Jateng via jalan tol. Yakni kendaraan kategori esensial seperti seperti kendaraan energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan dan minuman serta penunjangnya, serta pengangkut kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Sedangkan untuk kendaraan yang bukan kategori diizinkan harus putar balik ke daerah asal dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Polisi mencatat belasan ribu kendaraan diputarbalikkan dari hari pertama PPKM Darurat hingga 22 Juli 2021. Mereka diputarbalikkan di titik-titik penyekatan, seperti perbatasan Provinsi Jawa Tengah - Jawa Barat, perbatasan Provinsi Jawa Tengah - Jawa Timur, perbatasan kabupaten/kota, serta di titik penyekatan jalan tol.

"Ada 14.591 kendaraan diputar balik di perbatasan provinsi. Sedangkan kabupaten/kota ada 63.989 kendaraan," papar Iqbal.

Penutupan exit tol

Sebagaimana diketahui, sebanyak 27 pintu keluar tol di Jawa Tengah ditutup mulai 16-22 Juli 2021 untuk mengurangi mobilitas warga jelang libur Idul Adha 1442 H. Penutupan dimulai dari exit tol paling barat, yaitu di Pejagan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes hingga pintu keluar paling timur di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen.

>>> Catat! 27 Pintu Keluar Tol di Jateng Tutup Total Pada 16-22 Juli 2021

Terkait perjalanan domestik individu menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum jarak jauh tetap diizinkan. Namun berlaku beberapa syarat dan ketentuan seperti menunjukkan kartu vaksin untuk perjalanan di atas 250 Km (minimal dosis pertama), dan atau menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19, baik hasil PCR maupun rapid test antigen.

Foto menunjukkan suasana Pemeriksaan kendaraan di Gerbang Tol Tegal

Selain kendaraan esensial dan kritikal dilarang masuk Jawa Tengah

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jawa Tengah, temukan di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top