Penurunan Harga BBM Pertamina Berlaku Hari Ini, Simak Harganya

05/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Penurunan Harga BBM Pertamina Berlaku Hari Ini, Simak Harganya
Tepat pukul 00.00 WIB hari ini, penurunan harga BBM Pertamina mulai diberlakukan. Penurunan terbesar dialami Dex dari Rp11.700 menjadi Rp10.200 per liter.

Perusahaan penyedia bahan bakar milik negara, PT Pertamina (Persero) akhirnya melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hari ini. Penurunan harga BBM tersebut berlaku untuk jenis bensin dan solar Pertamax sesies dan Dex series.

Penyesuaian harga dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitunga Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

 pekerja Pertamina berbaju merah yang sedang mengisi BBM
Penurunan harga berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia

Dalam keterangan tertulisnya, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan, "Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina.”

>>> Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

Penyesuaian harga sudah berlaku di seluruh Indonesia mulai hari ini, Minggu 5 Januari 2020 pukul 00.00 WIB waktu setempat. Sedangkan untuk penurunan harga BBM yang berlaku untuk seluruh daerah Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Penurunan harga Pertamax dari semula Rp9.850 menjadi Rp9.200 per liter.
  • Perununan harga Dexlite dari semula Rp10.200 menjadi Rp9.500 per liter.
  • Penurunan harga Pertamax Turbo dari semula Rp11.200 menjadi Rp9.900 per liter.
  • Penurunan harga Dex dari semula Rp11.700 menjadi Rp10.200 per liter.

Sedangkan harga solar dan bensin, jelas Fajriyah, biasanya berbeda untuk setiap daerah. Perbedaan ini dipengaruhi oleh besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah. Detail harga BBM untuk masing-masing daerah bisa Anda temukan melalui laman resmi www.pertamina.com.

>>> Promo mobil baru menarik di awal tahun ada disini

Harga BBM Shell dan Total

Perubahan harga yang dilakukan Pertamina tak berselang lama dengan penurunan harga jual BBM oleh PT Total Oil Indonesia bersama dengan PT Shell Indonesia yang terjadi awal Januari lalu. Penurunan BBM Shell tercatat sekitar 7% hingga 15%, sedangkan Total telah memangkas harga jual BBM antara 7,5% hingga 14,4% per 3 Januari lalu.

 SPBU Shell Indonesia berwarna putih dan kuning
Shell dan Total belum lama ini telah menurunkan harga BBM-nya

Untuk Shell, penyesuaian dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan, seperti subsidi, logistik, peraturan lingkungan, kondisi lokal, serta biaya operasional. Harga BBM Shell mulai awal tahun ini tercatat,

  • Shell Reguler dari semula Rp9.900 turun menjadi Rp.9.200 per liter.
  • Shell Super dari semula Rp10.250 turun menjadi Rp9.300 per liter
  • Shell V-Power dari semula Rp11.600 turun menjadi Rp9.950 per liter

Penurunan harga BBM pun dilakukan oleh PT Total Oil yang menurunkan harga BBM mereka di awal tahun lalu. Harga BBM Total saat ini tercatat,

  • Performance 90 turun dari semula Ro9.900 menjadi Rp9.150 per liter
  • Performance 92 turun dari semula Ro10.200 menjadi Rp9.250 per liter
  • Performance 95 turun dari semula Rp11.500 menjadi Rp9.900 per liter
  • Performance Diesel turun dari semula Rp12.050 menjadi Rp10.150 per liter.

>>> Dapatkan berbagai berita otomotif lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

26/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Permintaan akan BBM non subsidi jenis Pertamina Dex di Tol Trans Jawa pada musim libur Nataru melonjak hingga tujuh kali lipat dibanding hari-hari biasa. Karenanya pasokan BBM pun ditambah oleh Pertamina.

Lihat juga

Libur Nataru, Pertamina Siapkan Layanan Pengiriman BBM Pakai Motor

24/12/2019

Event - Promosi

5 menit

Mengantisipasi melonjaknya permintaan BBM saat musim libur Nataru, Pertamina sudah menyiapkan beberapa layanan tambahan. Mulai dari Kiosk Pertamax, BBM kemasan, hingga layanan pengiriman BBM menggunakan sepeda motor.

Lihat juga

Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Lihat juga

Masih Nekat Mencampur BBM Buat Mobil? Hati-hati Turun Mesin!

04/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada risiko yang harus Anda tanggung jika masih nekat mencampur BBM untuk mobil Anda. Mulai dari mesin ngelitik, sampai perbaikan besar yang mengahruskan turun mesin.

Lihat juga

Merasa Lebih Hemat? Pahami Dulu Efek Buruk Mesin Pakai BBM Oktan Rendah

30/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mobil-mobil dengan mesin teknologi modern, disarankan tidak lagi pakai BBM oktan rendah. Karena ada efek buruk mesin pakai BBM oktan rendah yang bisa membuat pengeluaran jauh lebih mahal. Apa saja itu?

Lihat juga