Penumpang Transjakarta Tak Bakal Berdesakan di Dalam Bus, Kok Bisa?

17/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penumpang Transjakarta Tak Bakal Berdesakan di Dalam Bus, Kok Bisa?
Pemerintah provinsi DKI Jakarta baru saja merilis kebijakan agar penumpang Transjakarta tak lagi berdesakan di dalam bus untuk mencegah potensi penularan virus Corona.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah kembali menormalkan jam operasional bus Transjakarta. Sebelumnya, saat dilakukan pembatasan jam operasional pada Senin (16/3/2020) sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus Corona, para penumpang harus antre panjang keluar halte hingga mengular ke jalan raya lantaran armadanya sedikit. 

Tak hanya itu, para penumpang juga harus berdesakan di dalam bus yang justru dinilai lebih rentan akan penularan virus Corona. 

>>> Cegah Penyebaran Wabah Corona, Pameran IIMS 2020 Ditunda 

1. Jam Operasional Transjakarta

Banyak mendapat keluhan dari warga, akhirnya Gubernur DKI Jakarta kembali menormalkan jam operasional Transjakarta. Namun belum semua rute berfungsi secara normal. Transjakarta akan mengoperasikan 123 rute dari total 248 rute mulai pukul 05:00-22:00 WIB untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute Layanan Armada Malam Hari (Amari) dari mulai pukul 22:00-05:00.

Jam operasional Transjakarta

Informasi terkini soal Transjakarta 

Penumpang di dalam bus pun dijamin tak akan berdesakan untuk menghindari potensi penularan virus Corona. 

"Pembatasan kapasitas articulated bus atau bus gandeng semula 150 maka pada saat ini hanya akan menampung 60 penumpang, sementara single bus hanya menampung 30 penumpang dari biasanya 80 penumpang," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat menggelar jumpa pers di Balai Kota, Senin (16/3/2020) malam.  

Transjakarta kembali menormalkan 123 rute di Ibu Kota

Rute pelayanan Transjakarta selama masa 'Social Distancing'

Rute pelayanan Transjakarta

Rute pelayanan Transjakarta selama masa 'Social Distancing'

>>> Transjakarta 'Normal' Lagi Demi Cegah Penyebaran Virus Corona

2. Penumpang Harus Menjaga Jarak

Selain itu, penumpang diharapkan agar dapat sabar mengantre di luar halte untuk menghindari desak-desakan di dalam halte atau di dalam bus. Transjakarta akan menerapkan kebijakan untuk menjaga jarak aman antar pelanggan dengan jarak 1 lengan. Diharapkan dengan jarak antar pelanggan yang diatur, penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir.

Untuk itu, nantinya petugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat menjaga jarak pada saat mengantre di angkutan umum antreannya nggak di dalam halte ataupun stasiun, antrean di dalam di sesuaikan dengan kapasitas bus. Semuanya kita imbau lencang depan kami harapkan dengan ada ini penularan virus kita hilangkan," tutur Syafrin. 

Bagi Anda yang memang tak memiliki keperluan penting, sebaiknya tetap berada di dalam rumah seperti imbauan pemerintah. Hal itu dilakukan agar penularan virus Corona di tengah warga Jakarta bisa ditekan dan perlahan-lahan dihilangkan. 

>>> Berita menarik lainnya seputar perkembangan virus corona ada disini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Cegah Virus Corona Meluas, Pengoperasian Transjakarta dan MRT Dibatasi

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemprov DKI Jakarta membatasi jam beroperasi transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta demi mencegah penyebaran virus Corona yang terus meluas di Indonesia.

Lihat juga

Duh! Operasional Dibatasi, Antrean Transjakarta Mengular Panjang

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemprov DKI Jakarta membatasi jam operasional Transjakarta. Hal ini dilakukan demi terkait dengan imbauan bagi warga Jakarta mengurangi aktifitas di luar rumah.

Lihat juga

Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona

13/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Ada beberapa tindakan yang dilakukan pihak Transjakarta untuk mencegah virus corona menyebar terlalu banyak di Indonesia. Diantaranya dengan rutin bersih-bersih bus dan halte.

Lihat juga

Pandemi Virus Corona, Layanan SIM Daan Mogot Tetap Beroperasi Normal

17/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Layanan SIM Daan Mogot, jakarta tetap beroperasi seperti biasa. Namun di lingkungan kerja tersebut rutin di semprot disinfektan dua kali sehari, serta disediakan hand sanitizer bagi setiap pengunjung.

Lihat juga

Pandemi Virus Corona, Formula E 2020 Dihentikan Sementara

17/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Di tengah ramainya penyebaran Virus Corona, Formula E musim 2019/20 akan dihentikan selama dua bulan ke depan. Beberapa balapan pun harus dikorbankan, termasuk Jakarta E-Prix.

Lihat juga