Lagi, Tesla Kalah Telak oleh Penjualan Wuling MINI EV

14/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Wuling MINI EV kembali menjadi yang terbaik di China, mengalahkan penjualan Tesla yang justru mengalami penurunan drastis di bulan Juli 2021.

Krisis chip global berdampak pada penjualan Wuling MINI EV di China. Meski demikian mobil listrik mungil itu masih menjadi yang terbaik dengan penjualan paling tinggi. Termasuk di bulan Juli 2021 dimana MINI EV terjual lebih dari 30 ribu unit.

 

 

 

 

Unggul Jauh Dari Tesla

Dikutip dari akun Twitter @dkurac, berdasarkan data China Passenger Car Association (CPCA) penjualan MINI EV mencapai 30.706 unit pada bulan Juli dan mencapai 216.989 unit sepanjang Januari-Juli 2021. Hasil 7 bulan ini meningkat 788% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Wuling MINI EV unggul jauh atas Tesla yang justru mengalami penurunan. Gabungan Tesla Model 3 dan Model Y hanya terjual 8.261 unit meski secara total penjualan dari pabrik lebih dari 32 ribu unit. Ini karena sebagian besar mobilnya diekspor ke luar China.

Penjualan Wuling MINI EV bulan Juli juga yang terbaik dalam tiga bulan terakhir setelah di bulan Juni terjual 29.143 unit dan di bulan Mei terjual 29.706 unit.

>>> Selain Tesla, 13 Mobil Listrik Juga Dikalahkan Wuling MINI EV

Foto Wuling Hongguang MINI EV Macaron bersama seorang model

Mobil murah Wuling yang dirumorkan segera hadir di Indonesia

Dengan tetap berada di puncak, Wuling MINI EV menjadi mobil listrik paling laris di China dalam sebelas bulan berturut-turut.

Menurut laporan, penjualan MINI EV bisa saja lebih banyak dari 30 ribu unit. SGMW telah menargetkan produksinya sebanyak 50 ribu unit per bulan. Hanya saja karena krisis chip yang mendunia, produksi MINI EV terhambat di angka 30 ribu unit per bulan.

Kelebihan Wuling EV

Secara penampilan mobil listrik Wuling MINI EV Hongguang ini cukup simpel. Ukuran panjangnya hanya 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan wheelbase 1.940 mm.

Dengan dimensi kompak tersebut MINI EV memiliki kelebihan dalam menjelajah hingga jalan-jalan sempit. MINI EV juga tidak butuh ruangan besar sehingga mudah untuk parkir dimanapun.

>>> 32 Ribu Mobil Listrik Tesla Buatan China Ludes Sepanjang Juli

Foto menunjukkan pabrik Tesla di China

Mobil Tesla buatan China lebih banyak diekspor ke mancanegara

Kelebihan lainnya adalah harga. Mobil ini dipasarkan di China mulai US$ 4,500 atau sekitar Rp 64 Jutaan. Jauh di bawah Tesla Model 3 yang dijual mulai US$ 36,400 atau sekitar Rp 520 jutaan.

>>> Cek harga mobil Wuling dan promo menarik hanya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top