Penjualan VW Laris di China, Bagaimana dengan di Indonesia?

09/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
China mendominasi penjualan VW di pasar global. Dari 1,3 juta unit mobil secara keseluruhan, lebih dari 700 ribu unit terjual di negara berpenduduk terbesar itu

Recovery pasar otomotif di banyak negara dari pandemi Covid-19 turut dirasakan Volkswagen (VW). Pabrikan asal Jerman tersebut mencatatkan hasil gemilang di sepanjang kuartal 1 2021. VW mencatatkan laba operasional hingga 900 juta EURO atau sekitar Rp 15,4 triliun (kurs Rp 17.100). Penjualan VW meningkat 25% dari sebelumnya sebanyak 1.09 juta unit di kuartal 1 2020 menjadi 1,36 juta unit,

Keberhasilan di atas menandakan bahwa strategi percepatan yang diluncurkan beberapa waktu sebelumnya berjalan dengan baik.

“Peningkatan di semua indikator kinerja utama menunjukkan bahwa strategi ACCELERATE dan manajemen biaya yang ketat selama beberapa bulan terakhir mendapatkan daya tarik.” kata CEO Ralf Brandstätter dalam keterangan resminya, (7/5/2021).

Foto salah satu Dealer VW di China

VW merek paling populer di China

Dominasi pasar China

Dari data yang dirilis, terlihat mayoritas pasar VW meningkat pesat. Terutama di pasar China, penjualan VW meningkat hingga 60% dibanding kuartal 1 2020. Kendaraan yang terjual sebanyak 732 ribu unit alias lebih dari setengah penjualan VW secara global. Periode yang sama tahun lalu VW hanya bisa menjual 455 ribu unit mobil di China karena terdampak pandemi Covid-19.

Peningkatan berikutnya diraih di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Masing-masing naik 8,7% dan 7,4%. Penjualan VW di Amerika Utara mencapai 127,5 ribu unit dari tahun lalu hanya 117,3 ribu unit. Sedangkan di Amerika Selatan mencapai 109 ribu unit dari tahun lalu sebanyak 101,5 ribu unit.

ID.4 memainkan peran kunci di segmen EV. SUV listrik tersebut mendapatkan lebih dari 39.000 pesanan di Eropa. Termasuk Jerman dimana banyak konsumennya telah menerima pengiriman unit pada akhir April. Sedangkan model terlaris lainnya ditempati VW Tiguan (5 seater), Tiguan Allspace (7 seater), dan juga VW Polo.

>>> Fantastis, Segini Angka Penjualan Mobil di China Setiap Bulan

Foto menunjukkan Mobil listrik VW masa depan

VW bakal meluncurkan banyak mobil listrik di masa depan

Penjualan di Indonesia dan Asia Pasifik

Berbeda jauh dengan China, penjualan Volkswagen di negara Asia Pasifik yang lain belum terlihat membaik. Mobil yang terjual di kuartal 1 2021 mencapai 29,5 ribu unit, lebih rendah 2,4% dibanding tahun lalu yang terjual sebanyak 30,3 ribu unit.

Penjualan VW di Indonesia juga sangat kecil. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya ada 122 unit mobil yang terjual dari Januari hingga Maret 2021, turun 163% dibanding tahun lalu yang terjual sebanyak 285 unit.

>>> VW.ID 4 Jadi Mobil Terbaik Dunia, Kalahkan Toyota Yaris

>>> Cari mobil VW, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top