Penjualan VinFast Membludak, Mulai Saingi Pabrikan Jepang dan Korea!

14/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Penjualan VinFast Membludak, Mulai Saingi Pabrikan Jepang dan Korea!
Perlahan tapi pasti pabrikan asal Vietnam, VinFast mulai menunjukan tajinya di negeri sendiri. Tercatat penjualan VinFast melonjak pada bulan September 2020.

Menjadi pendatang baru tentu banyak tantangan yang harus dilalui produsen mobil perdana asal Vietnam, VinFast. Salah satu tantangan terbesar VinFast adalah meyakinkan warga Vietnam bahwa produknya mampu diandalkan dan dapat bersaing dengan para kompetitornya sekelas pabrikan Jepang. 

Tak butuh waktu lama, setahun setelah mengenalkan diri perlahan tapi pasti VinFast kian digemari masyarakatnya sendiri. 

Mobil VinFast

 Lux SA2.0 turut berikan kontribusi terhadap meningkatnya penjualan VinFast

>>> SUV Vietnam VinFast President Meluncur, Harganya Rp 2,9 Miliar!

Penjualan VinFast Membludak

Mengutip Oto.com.vn, Rabu (14/10/2020), dalam data yang dirilis oleh VAMA (Vietnam Automobile Manufacturers Association), penjualan VinFast justru mencetak rekor pada bulan September. Tercatat 3.626 unit mobil VinFast laris manis dan menempati posisi keempat seantero Vietnam.

Ada tiga model yang memberikan sumbangsih besar terhadap peningkatan penjualan VinFast di Vietnam yakni Fadil, Lux SA2.0, dan Lux A2.0. Masing-masing terjual sebanyak 1.515 unit, 1.307 unit, dan 804 unit. 

Di segmen mobil premium, VinFast Lux A2.0 dan Lux SA2.0 mendapat penerimaan yang cukup baik dari masyarakat setempat. Banyak yang mengapresiasi kedua model itu dari sisi spesifikasi teknis dan layanan purnajual yang ditawarkan. Keduanya bahkan sanggup membayangi kompetitornya yang juga mengisi E segmen. Ini juga kali pertama Lux SA2.0 mengisi daftar mobil terlaris di Vietnam dengan menduduki tempat kesembilan. 

VinFast menyebut, layanan purna jual berupa lima tahun masa garansi merupakan faktor utama yang memberikan kontribusi besar terhadap meningkatnya penjualan di Vietnam. Tak cuma itu, program lain berupa pemberian hadiah kepada konsumen juga disambut antusias. 

>>> Pabrikan Vietnam VinFast Beli Tempat Pengujian Mobil Milik Holden

Tebar Banyak Program

Sedangkan untuk hatchback Fadil juga disebut menjadi angin segar diantara produsen Jepang dan Korea. Mengisi segmen hatchback dan tak tergolong premium, VinFast Fadil justru lebih banyak diminati oleh kalangan pembeli pertama. 

Mobil VinFast

Hatchback Fadil juga tak mulai digemari

Di samping menawarkan fitur keselamatan lengkap dan canggih, VinFast juga menawarkan sejumlah layanan purnajual lebih banyak ketimbang para rivalnya. Tujuannya sudah pasti untuk meningkatkan penjualan VinFast tapi tak lupa memberikan keuntungan bagi konsumennya. 

Sebagai contoh, promo yang ditawarkan VinFast berupa cicilan dengan bunga 0 persen. Sejumlah penawaran menarik ini berhasil menyentuh psikologis konsumen yang tengah konsen dengan kondisi pandemi seperti sekarang. Mereka yang semula menahan diri untuk membeli mobil pada akhirnya tergiur dan memutuskan untuk beralih ke kendaraan roda empat. Inilah yang menjadi celah Fadil bisa laris manis di segmen A. 

Sebagai branding, VinFast memang belum banyak fokus ke keuntungan. Perlahan-lahan pabrikan Vietnam itu akan membuat konsumennya nyaman dan tergiur hingga bisa menguasai pasar lokal dan menjadi mobil nasional di masa depan. 

>>> SUV Buatan Vietnam, VinFast President Tantang BMW X7-Lexus LX570

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top