Penjualan Suzuki Swift di India Nomor Satu, Bagaimana di Indonesia?

26/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Meski harus menghadapi pandemi Covid-19, penjualan Suzuki Swift di India tetap nomor satu dan yang tertinggi dari seluruh model mobil yang dijual di negara itu

Pernah masuk di line up Suzuki Indonesia, penjualan Suzuki Swift tidak mampu memenuhi ekspektasi perusahaan. Pemasarannya pun harus berakhir di awal 2017. Berbeda di Indonesia, Suzuki Swift menemukan keberuntungan di India. Mobil ini sangat digemari dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Model Suzuki paling laris

Maruti Suzuki dalam rilisnya, (23/1/2021) melaporkan Suzuki Swift meraih posisi terdepan pada tahun 2020. Penjualan hatchback 5 penumpang ini mencapai 160.700 unit. Artinya, penjualan Suzuki Swift per bulan rata-rata lebih dari 13.300 unit. Dengan tambahan tersebut mobil ini sudah terjual lebih dari 2,3 juta unit sejak diluncurkan perdana tahun 2005.

“Maruti Suzuki Swift telah menjadi hatchback premium terlaris di negara ini selama 15 tahun terakhir dengan lebih dari 2,3 juta orang senang. pelanggan. Terlepas dari dampak buruk COVID-19, merek Swift terjual lebih dari 160.700 unit di CY 2020, muncul sebagai merek teratas dalam urutan kekuasaan.” kata Tn. Shashank Srivastava, Direktur Eksekutif (Pemasaran & Penjualan), Maruti Suzuki India Limited dalam keterangannya.

Foto Penjualan Suzuki Swift di India

Penjualan Suzuki Swift paling laris di India

Srivastava optimis di tahun 2021 dan tahun-tahun yang akan datang pencapaian Suzuki Swift bakal lebih baik. Selain kepercayaan konsumen yang tinggi, relaksasi pandemi bakal turut meningkatkan penjualan.

“Kami mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada pelanggan setia kami atas dukungan dan kepercayaan mereka yang konstan pada merek Swift. Saya yakin bahwa dengan dukungan pelanggan yang berkelanjutan, Swift akan berhasil mencapai lebih banyak pencapaian di masa depan." katanya.

Maruti Suzuki Swift

Suzuki Swift pertama dijual di India tahun 2005 sebagai generasi pertama. Enam tahun kemudian di tahun 2011 generasi kedua Swift lahir. Model generasi kedua bertahan hingga lahir generasi ketiga Swift tahun 2018 yang dipasarkan hingga sekarang.

Maruti tidak menjual Swift di dealer mewah Nexa, melainkan di dealer Arena yang kastanya lebih rendah. Namun demikian Maruti memasukkan Swift ke dalam kategori hatchback premium. Swift menjadi role model kendaraan roda empat yang disukai orang India, seperti Avanza-nya orang Indonesia. Maruti Suzuki Swift juga menjadi satu-satunya mobil yang memenangkan penghargaan bergengsi Indian Car of the Year (ICOTY) sebanyak tiga kali untuk setiap generasinya.

Dimensi Suzuki Swift cukup kompak seperti umumnya hatchback city car, yaitu panjang 3840 mm, lebar 1735 mm, dan tinggi 1530 mm. Untuk performa Swift dibekali mesin bensin berkapasitas 1197 cc dengan tenaga maksimum 61 kW (81 Hp) pada putaran @ 6000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada putaran @ 4200 rpm. Swift yang saat ini dipasarkan juga telah memenuhi standar emisi BS6 yang ditetapkan pemerintah India, atau setara dengan Euro 6. Dengan demikian mobil ini dikenal ramah lingkungan dan hanya membuang polutan kecil di udara.

>>> Review Suzuki Swift 2020: Revisi Tengah Generasi dengan Fitur Baru

Foto Suzuki Swift generasi ketiga, tampak dari samping depan

Di India Suzuki Swift dikategorikan sebagai hatchback premium

Penjualan Suzuki Swift di Indonesia

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Swift masih kurang memikat konsumen di Indonesia. Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Suzuki Swift berakhir tahun 2017. Hanya di 3 bulan pertama (Januari-Maret) mobil ini masih dijual dengan hasil sebanyak 92 unit. Setelahnya mulai bulan April tidak ada lagi catatan penjualan untuk Swift. Di tahun sebelumnya pun, yakni 2019 penjualan Swift juga kurang baik. Selama setahun hanya 842 unit kendaraan yang dikirim pabrik ke dealer.

Meski versi barunya tidak lagi dijual di dealer resmi, versi bekasnya masih mudah ditemukan di dealer-dealer mobil bekas. Bahkan lebih mudah lagi ditemukan di situs-situs jual beli mobil, dari Swift generasi pertama hingga yang terbaru.

>>> Tertarik dengan Suzuki Swift, Cek koleksi dan harganya di sini!

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top