Penjualan Sienta Menurun Tajam, Bakal Discontinue?

15/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Penjualan Sienta Menurun Tajam, Bakal Discontinue?
Sama-sama dari Toyota, penjualan Sienta tak semanis Innova. Apakah ini pertanda kalau nasib Sienta bakal seperti Honda Freed?

Foto Toyota Sienta tampak depan samping

Penjualan Toyota disalip merek China, Wuling Cortez (foto: Toyota Indonesia)

Kabar yang beredar di media santer kalau penjualan Sienta tidak lama lagi bakal discontinue. Hal ini menyusul dari makin menurunnya penjualan tahun 2018 ini dibanding tahun lalu, seperti yang tercatat di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Semester I 2018 penjualan Sienta hanya maksimal di angka 2.253 unit. Padahal di periode yang sama tahun 2017 lalu penjualannya mencapai 8.580 unit.

Penjualan tahun ini juga telah disalip oleh pendatang baru merek China, Wuling Cortez yang mencatatkan penjualan sebanyak 3.301 unit.

>>> Baca Review dan Spesifikasi lengkap Toyota Sienta 2017!

Apakah ini pertanda kalau nasib Sienta bakal seperti Honda Freed?

Seperti diketahui MPV besutan Honda ini tidak lagi dijual sejak 2015 dikarenakan tidak begitu laku. Bentuknya yang boxy jadi alasan mobil ini kurang digemari masyarakat Indonesia. Honda memilih fokus pada model lain yang naik daun seperti Honda HR-V dan yang lain.

Menanggapi kabar yang beredar, Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan TAM belum kepikiran menghentikan penjualan Sienta. Kalaupun tidak lagi diproduksi di Indonesia, TAM bakal mendatangkannya dari negara lain sebagaimana Toyota Voxy yang hadir menggantikan Nav1.
 
"Nggak ada, nggak akan discontinue," tegas Soerjo kepada media di ICE BSD Tangerang belum lama ini.

"Ini mengambil contoh Nav1 sama Voxy, kemungkinan besar itu ada tapi belum terpikirkan oleh kita, belum ada inisiatif dari TMMIN untuk meng-cut production-nya, penurunan dari volume belum. Sehingga mereka menyadari level 1.000 itu level stabil," lanjutnya.

>>> Cari mobil Toyota, cek spesifikasi dan harganya disini!

Foto Toyota Nav1 di dealer

Toyota Nav1 tak lagi dijual dan telah digantikan Voxy yang diluncurkan di GIIAS 2017 (foto: Youtube)

Lebih lanjut Soerjo mengatakan kalau market Toyota Sienta bukan hanya lokal saja, tapi juga diekspor ke mancanegara. Penjualan ekspor bahkan lebih besar daripada di dalam negeri. Data penjualan Sienta ke mancanegara yang tercatat di mancanegara pada semester I 2018 tercatat sebanyak 4.041 unit.

"Marketnya TMMIN nggak hanya domestik, tapi juga ekspor. Kadang-kadang itu itulah uniknya barang yang ada di Indonesia belum tentu di luar negeri," tutup Soerjo.

>>> Makin Laris Di Dunia, Tujuan Ekspor Toyota Rush Bertambah

>>> Semua berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.