Penjualan Saat Corona Tetap Tinggi, Ini Deretan Keunggulan Toyota Avanza

14/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Penjualan Saat Corona Tetap Tinggi, Ini Deretan Keunggulan Toyota Avanza
Toyota Avanza tetap menjadi penopang penjualan PT Toyota Astra Motor, meski diterpa pandemic virus Corona penjualan model ini tetap tinggi, inilah rahasianya

Seakan sudah jadi rahasia umum jika mobil yang menjadi favorit keluarga di Indonesia adalah mobil yang jenisnya  LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Dan Toyota Avanza jadi LMPV terlaris di Indonesia. Meskipun secara retail di bulan April penjualan Toyota turun 9,344 unit dari bulan Maret, tapi di tengah kondisi pandemic seperti ini penjualan bulan April lalu Avanza tetap mampu terjual 1.897 unit, alias jadi yang terbanyak di antara produk Toyota lainnya. Kami akan menjabarkan secara teknis produk, mengapa mobil ini begitu diterima oleh masyarakat Indonesia, inilah deretan keunggulan Toyota Avanza.

Foto tampilan belakang Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Avanza tetap terjual banyak meski di terpa pandemi Corona

1. Dimensi Pas

Foto tampilan belakang Toyota Avanza Veloz 1.5 AT 2015

Sejak dulu kami menilai jika dimensi Avanza memang paling pas untuk 'blusukan'

Salah satu kunci sukses Avanza di pasaran adalah dimensi yang pas. Artinya, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Avanza merupakan mobil yang pas secara dimensi mobil, di versi terbarunya panjang mobil ini hanya 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Dimensi tersebut terasa pas sekali ketika diandalkan sebagai commuter dalam kota, juga masih oke untuk keluar masuk jalanan perkampungan sekalipun.

>>> Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

2. Tiga Baris Bangku

Foto kursi baris kedua dan ketiga Toyota Avanza

Ayah, ibu, kakak, adik bahkan kakek dan nenek tetap bisa muat di Avanza

Keunggulan Avanza yang kedua adalah bangku tiga baris. Dengan kapasitas tujuh penumpang maka banyak anggota keluarga yang dapat ikut. Apalagi bangku tiga baris di Avanza aksesnya praktis, Toyota Avanza punya sistem one touch tumble guna melipat bangku tengah, sehingga akses ke bangku baris ketiga jadi mudah. Lalu, headrest dan seatbelt 3 titik pada semua bangku yang akan lebih menjamin unsur keselamatan.

3.  Mesin Efisien Dan Bertenaga

Foto mesin 2NR-VE Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Mesin NR series disinyalir memang dibuat untuk penggerak depan sehingga getaran sangat halus

Dapur pacu alias mesin ibarat jantung pada tubuh manusia, ‘nyawa’ dari sebuah mobil ada pada mesinnya. Avanza terbaru sudah menggendong unit NR series engine, tepatnya 1NR-VE untuk Toyota Avanza bermesin 1.300 cc, dan 2NR-VE di Toyota Avanza bermesin 1.500 cc. Kedua mesin ini telah dilengkapi dengan teknologi pengaturan bukaan katup variabel Dual VVT-i, sehingga performanya baik, namun juga irit dalam mengolah BBM.

4. Alternator Canggih

Foto alternator Toyota Avanza

Alternator canggih ini mengadopsi teknologi Lexus

Pada Avanza terbaru sudah menerapkan sensor tegangan listrik pada alternator mobil ini. Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat. Efeknya tentu akan meringankan tenaga mesin, membuat aki lebih awet, dan juga akan berpengaruh ke konsumsi BBM yang dapat lebih hemat. Singkatnya, alternator canggih ini dapat menyesuaikan pasokan listrik sesuai dengan kebutuhannya, bisa bekerja 20%, 50%, 70% bahkan jika dibutuhkan dapat bekerja 100%.

5. Penggerak Roda Belakang

Foto Ban dan pelek Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Penggerak roda belakang jadi keunggulan Toyota Avanza

Sistem penggerak roda belakang jadi keunggulan Toyota Avanza dari rivalnya. Maklum saja, di beberapa tempat di tanah air, kondisi jalanannya masih kurang baik. Mobil dengan penggerak roda belakang seperti Avanza mendapat keuntungan di sini. Karena, selain umur pakai as roda depan lebih panjang, oleh karena bebannya tidak seberat mobil penggerak depan, juga ketika ditanjakan curam maupun licin, Avanza lebih mudah menaklukannya berkat sistem penggerak roda belakang ini berkat grip lebih baik, apalagi ketika mobil diisi dengan beban penuh.

>>> Sambil Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Rotasi Ban Mobil

6. Fiturnya Lengkap

Foto headlamp LED Toyota Avanza

Avanza merupakan LMPV pertama dikelasnya yang mengusung headlamp LED

Toyota Avanza punya fitur cukup lengkap. Baik itu fitur keselamatan, maupun fitur kenyamanan. Untuk fitur keselamatan contohnya, fitur keselamatan aktif macam dual SRS Airbag, rem dengan sistem ABS, cantolan ISOFIX, seatbelt dengan pretensioner, dan ELR serta side impact beam sudah tersedia di semua tipe Avanza. Lalu, penyesuaian pada sistem suspensi depan MacPhersons Strut dan suspensi belakang 4-link Lateral Rod akan meningkatkan stabilitas mobil. Dan jangan lupa, lampu depan LED sudah jadi fitur standar juga di Avanza. Jadi itulah keunggulan Toyota Avanza yang membuatnya unggul di pasar mobil Tanah Air.

>>> Temukan berita otomotif menarik dan terbaru lainnya bisa dibaca di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Auto2000 Digiroom Beri Promo untuk Toyota Avanza

19/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Kampanye #DiRumahAja tidak bisa menghalangi Anda untuk membeli kendaraan baru. Melalui Auto2000 Digiroom dapatkan promo menarik untuk pembelian Toyota Avanza.

Lihat juga

Ini Cara Mengemudi Mobil Matic Avanza Veloz

26/04/2020

Pengemudian

8 menit

Cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil matic lain. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai mobil ini

Lihat juga

Tips Merawat dan Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Anda

21/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Aki mobil memiliki pengaruh penting dalam pengendaraan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga aki mobil Toyota Avanza tetap prima.

Lihat juga

Berbeda dengan Servis Berkala, Berapa Biaya Tune Up Toyota Avanza?

22/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tune up dan sevis berkala merupakan dua hal yang berbeda. Bagi pengguna ‘Mobil Sejuta Umat’ ini, berikut biaya tune up Toyota Avanza yang perlu Anda keluarkan.

Lihat juga

Mobil Terlaris Maret 2020, Toyota Avanza Moncer Ertiga Terjun Bebas

21/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Avanza mempertahankan statusnya sebagai mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebanyak 7.086 unit pada Maret 2020. Bagaimana dengan yang lain?

Lihat juga
 
back to top