Penjualan Nissan Terra Belum Segagah Penampilannya

17/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Nissan Terra Belum Segagah Penampilannya
Diluncurkan dengan penampilan yang gagah dan kekar, Nissan Terra belum menunjukkan kontribusi signifikan terhadap penjualan Nissan di Indonesia. Alih-alih menjadi batu sandungan buat duo kompetitornya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Nissan Terra justru dihadapkan pada tantangan berat untuk tetap survive di tengah ketatnya persaingan. Berapa angka penjualan Nissan Terra yang telah didapat?

Nissan Terra yang diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 jadi senjata baru bagi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk mendongkrak penjualan. Hadir dengan tampilan gagah tegas dan sangat keren mobil berjenis SUV ini bahkan digadang bisa bersaing dengan dua model SUV penguasa pasar, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Foto menunjukkan Nissan Terra saat diluncurkan di pameran GIIAS 2018

Nissan Terra mencoba mengusik ketenangan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Hasilnya, mobil ini memang layak bersaing dari sisi model dan penampilan. Namun dari sisi penjualan, NMI harus berjuang lebih keras lagi. Penjualan Nissan Terra belum segagah penampilannya. Catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) belum memperlihatkan mobil ini jadi pilihan utama penggemar SUV. Dari Januari hingga April 2019 penjualan Nissan Terra baru mencapai 330 unit dengan rincian 254 unit varian 4x2 dan sisanya varian 4x4.

Bandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang terus berkejaran satu sama lain. Di empat bulan pertama tahun 2019 ini penjualan Pajero Sport sudah mencapai 6.681 unit dengan rincian 6.053 unit versi 4x2 dan 628 unit varian 4x4. Di periode yang sama Toyota Fortuner terjual sebanyak 5.639 unit rincian 5.021 unit versi 4x2 mesin 2.500 cc dan sisanya dibagi varian lain.

>>> Hari Ayah Sedunia, Netizen Puja-Puji Video Mercedes-Benz, “My Father’s Dream”

Terkait dengan hasil penjualan Nissan Terra yang minim tersebut Head of Communication NMI, Hana Maharani pernah beralasan karena usia Terra yang masih sangat muda baru beberapa bulan sejak diluncurkan. Hana bahkan cukup optimis tahun 2019 bisa mendulang kesuksesan dengan berbagai promo yang ditawarkan kepada konsumen. "Kami baru launch akhir tahun lalu, jadi kami masih terus mengkomunikasikan dan mendorong awareness-nya di tahun ini," tutur Hana seperti dikutip dari CNNIndonesia, (15/6/2019).

Nyatanya, penjualan Nissan Terra tidak semakin meningkat malah makin memprihatinkan. Jika di bulan Maret Nissan Terra masih bisa terjual sebanyak 110 unit, di bulan April hanya ada 28 unit yang terdistribusi ke diler.

>>> Tertarik membeli mobil Nissan, cek harganya di sini!

Foto Nissan Terra dari arah depan, nampak gagah dan berwibawa

Penjualan Nissan Terra belum segagah penampilannya

Seperti diketahui peluncuran Nissan Terra di pameran GIIAS 2018 telah didahului launching di Filipina. Mobil yang memiliki ground clearance 225 mm ini telah dibekali dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility (NIM). Fitur Intelligent Rear View Mirror semakin membuatnya aman untuk dikendarai dengan fungsi visibilitas area belakang lewat monitor LCD-nya. Blind Spot Warning dipadu Lane Departure Warning, menjadi tambahan rangkaian dari teknologi NIM yang memberikan kemudahan untuk selalu berada pada jalur marka jalan serta menjaga keselamatan dengan peringatan titik buta. Fitur yang tak kalah menarik didapati pada Intelligent Around View Monitor (Monitor Pemantau Sekitar) serta Moving Object Detection (Deteksi Gerakan Objek).

Memiliki model keren dengan beragam fitur canggih, SUV baru ini jusru dihadapkan pada tantangan yang sangat berat untuk tetap survive di tengah ketatnya persaingan. Layak dinanti apa yang bakal dilakukan Nissan Motor Indonesia untuk mendongkrak penjualan Nissan Terra.

>>> Review Nissan Terra lebih lengkap bisa Anda baca di sini

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top