Penjualan Nissan Livina Jalan Terus Walaupun Pabrik Tutup

15/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Nissan Livina Jalan Terus Walaupun Pabrik Tutup
Penjualan Nissan Livina banyak menjadi pertanyaan usai pabrik di kawasan Purwakarta tutup. Namun Nissan menegaskan penjualan Livina akan terus dilanjutkan.

Nasib Nissan Livina banyak dipertanyakan usai produsen asal Jepang itu memutuskan untuk menutup pabriknya di Indonesia. Livina merupakan model terakhir Nissan yang diproduksi lokal dan menjadi andalan di pasar otomotif Indonesia.

Sekadar informasi, pada tahun 2020 Nissan sudah menyetop kegiatan produksi di pabriknya kawasan Purwakarta yang juga turut memberikan dampak pada Livina. 

nissan livina

Penjualannya masih berlangsung

>>> Penjualan Nissan Livina Meroket, Bagaimana Model Lain?

Penjualan Nissan Livina Jalan Terus

Produksi Nissan Livina kini dilakukan di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Cikarang, Jawa Barat bersamaan dengan sang kembaran Xpander. Itu soal produksinya, bagaimana dengan penjualannya? Meski pabrik tutup, tak berarti penjualan Nissan Livina juga ikut berhenti. 

"Penjualan Livina tetap berjalan karena fasilitas produksinya joinan, penjualan di dealer masih ada. Ini akan terus berjalan demikian dengan layanan purna jual ini akan terus ada dan kami pertahankan," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distribusi Indonesia Evensius Go belum lama ini. 

Nissan juga sempat menyatakan, adanya penutupan pabrik di Indonesia tak mempengaruhi layanan purna jualnya. Konsumen masih bisa melakukan perawatan mobilnya seperti biasa di bengkel yang tersedia. 

Livina memang menjadi tulang punggung Nissan saat ini. Meski wajahnya kembar dengan Xpander, Livina dipercaya memiliki pencintanya tersendiri di Tanah Air. Livina juga diharap bisa memberikan kontribusi besar bagi penjualan Nissan secara keseluruhan. Pun demikian di pasar ekspor. Nissan dikabarkan berencana untuk mengekspor Livina rakitan lokal ke banyak negara. 

nissan livina

Livina kembali dongkrak penjualan Nissan

>>> Cuma 100 Unit di RI! Nissan Livina Sporty Package Dibanderol Rp 265 Jutaan

Livina Memberikan Kontribusi pada Penjualan Nissan Keseluruhan

Kala itu, kabarnya ekspor Nissan Livina ke sejumlah negara Asia sudah mendapat restu dari pemerintah Indonesia. Bila nantinya jadi diekspor, itu artinya Livina mengikuti jejak Xpander yang sudah diekspor sejak tahun 2018. 

Sedikit mengulang ke belakang, Nissan Livina berbaju Mitsubishi Xpander ini diluncurkan perdana Februari 2019. Kelahiran Livina generasi terbaru ini cukup disambut antusias masyarakat Indonesia. Model Livina memang sudah lama tak disegarkan oleh Nissan. Bahkan hampir 10 tahun Nissan menjual Grand Livina tanpa perubahan berarti dari tahun ke tahunnya. 

Nyatanya, kehadiran Livina mampu mendongkrak penjualan Nissan. Nissan Livina juga beberapa kali masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia secara wholesales.

>>> Cintamobil TV: 5 Kelebihan Nissan Grand Livina XV 2012 Beserta Kekurangannya

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top