Penjualan Naik Tajam, Suzuki Baleno Geser Honda Jazz Dari Posisi Puncak Segmen Hatchback

22/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Penjualan Naik Tajam, Suzuki Baleno Geser Honda Jazz Dari Posisi Puncak Segmen Hatchback
Setelah sekian lama menguasai segmen hatchback di Indonesia, posisi Honda Jazz sebagai pemimping pasar harus lepas dari genggaman. Honda Jazz harus terima posisinya diambil alih Suzuki Baleno yang sebelum-sebelumnya 'tidak pernah' diperhitungkan.

Foto seorang sales bersama Suzuki Baleno Hatchback

Suzuki Baleno Hatchback memberikan kontribusi cukup besar bagi PT SIS

Persaingan pasar roda empat tak hanya terjadi di kelas mobil keluarga MPV maupun SUV, tapi juga terjadi di segmen lain. Salah satunya adalah segmen hatchback yang sejak awal tahun 2019 ini sudah terjadi gonta ganti posisi merek terlaris. Menurut data (wholesales) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), posisi segmen hatchback pada bulan Februari 2019 dikuasai Suzuki Baleno dengan catatan penjualan sebanyak 1.239 unit. Angka itu naik signifikan dibanding bulan Januari 2019 dimana Baleno hanya terjual sebanyak 19 unit.

Honda Jazz yang sebelum-sebelumnya selalu berada di posisi tertinggi justru menurun cukup signifikan. Di bulan Februari penjualan Honda Jazz hanya maksimal di angka 986 unit. Turun 30% dibanding bulan Januari yang terjual sebanyak 1.423 unit. Begitu pula dengan Toyota Yaris yang di bulan Januari terkirim ke diler sebanyak 700 unit turun menjadi 306 unit di bulan Februari atau sebesar 50%.

>>> Laris Manisnya Suzuki Ignis, Tak Juga Dirakit Lokal

Foto Honda Jazz tampak dari samping depan

Honda Jazz tergeser dari posisi puncak segmen hatchback pada Februari 2019

Perolehan stabil segmen hatchback dicatatkan Mazda2 meski hanya seratusan unit yang terjual. Bulan Februari PT. Eurokars Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor Mazda di Indonesia berhasil menjual sebanyak 138 unit Mazda2. Angka ini masih lebih baik dibanding bulan sebelumnya dimana Mazda2 hanya terjual sebanyak 117 unit.

Sedangkan VW Polo hingga saat ini masih berkutat dengan kecilnya. Mobil asal Jerman ini hanya terjual sebanyak 12 unit di bulan Februari setelah bulan sebelumnya tidak terjual sama sekali. Sejak tahun 2018 lalu pasaran VW Polo memang tak cukup bagus di Indonesia. Sepanjang dua belas bulan penjualan VW Polo hanya sebanyak 256 unit dengan rata-rata per bulan hanya 25 unit.

>>> Berita pasar mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

>>> Berita otomotif paling update hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top