Penjualan Mobil Secara Nasional Turun di Bulan Pertama 2019, Ini Penyebabnya

11/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Penjualan Mobil Secara Nasional Turun di Bulan Pertama 2019, Ini Penyebabnya
Gaikindo akhirnya merilis data penjualan mobil secara nasional periode Januari 2019. Dari keseluruhan data yang masuk, penjualan bulan pertama tersebut mengalami penurunan cukup signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Banner promo tahun baru Mitsubishi

Beberapa merek langsung tancap gas begitu masuk tahun baru

Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (GAIKINDO) merilis data penjualan mobil secara nasional untuk periode Januari 2019 dengan total mobil terjual sebanyak 81.578 unit. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dimana data penjualan mobil secara nasional pada Januari 2018 mencapai 95.885 unit.

Dari jumlah sebanyak itu Toyota masih yang nomor satu. Kontribusi yang diberikan mencapai 30,7% dengan jumlah penjualan mencapai 25.092 unit. Sedangkan merek yang memberikan kontribusi paling sedikit yaitu Audi dan Renault (PC), masing-masing hanya menjual 3 unit saja.

>>> Setelah Hampir 3 Tahun Bersaing Di Pasar, Ini Nasib Daihatsu Hi-Max Sekarang

Diperkirakan penurunan penjualan mobil secara nasional ini terjadi karena beberapa faktor seperti banyaknya model baru diluncurkan awal tahun ini seperti New Avanza, Grand New Xenia, Nissan Livina serta yang lain. Para konsumen yang telah berencana membeli mobil baru memilih menahan diri menanti saat peluncuran demi mendapatkan unit model baru.

Seperti diketahui dalam dua bulan pertama tahun 2019 ada banyak model diluncurkan di Indonesia baik facelift maupun All New. Dimulai dari All New Camry yang diluncurkan pada 8 Januari 2019, New Avanza dan Grand New Xenia pada 15 Januari 2019, Nissan Livina dan Nissan Serena 19 Januari 2019, Honda Mobilio dan New Honda Civic 1.5L Turbo 21 Februari 2019 dan model-model lain yang mendapat sentuhan perubahan namun tanpa seremoni.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

Foto Nissan Livina 2019 tampak dari samping depan

Lebih banyak model baru, konsumen punya lebih banyak pilihan

Kemungkinan lain yang mempengaruhi angka penurunan seperti yang dirilis GAIKINDO adalah belum masuknya data penjualan dari beberapa merek. Pantauan Cintamobil.com dari 30 merek yang terdaftar, 6 merek diantaranya tidak memiliki data penjualan, yaitu BMW, PEUGEOT, MINI, TATA, LEXUS, DFSK. Padahal tahun 2018 lalu data penjualan keenam merek tersebut untuk bulan Januari sudah tercatat di GAIKINDO dengan jumlah total sebanyak 6.662 unit.

Jika kemungkinan itu benar dan pada bulan berikutnya keenam merek tersebut melaporkan data penjualannya, sangat boleh jadi laporan penjualan mobil secara nasional pada bulan Februari 2019 bakal mengalami kenaikan karena ada akumulasi penjualan bulan sebelumnya yang belum dilaporkan. Jadi, ditunggu saja!

>>> Ada Xpander, Penjualan Mitsubishi Indonesia Jadi Nomor 1 di Dunia

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top