Dealer Boleh Buka Lagi, Penjualan Mobil Online Masih Bakal Berlanjut

05/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dealer Boleh Buka Lagi, Penjualan Mobil Online Masih Bakal Berlanjut
Penjualan mobil secara online menjadi kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, meski dealer sudah dibuka penjualan mobil online masih berlanjut.

Ibu Kota DKI Jakarta tengah memasuki fase transisi. Sejumlah aktivitas kembali boleh dilakukan meski belum 100 persen. 

Kegiatan di dealer termasuk di dalamnya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terlihat dealer atau showroom mobil boleh kembali dibuka pada 8 Juni 2020. 

Artinya, aktivitas penjualan dan juga servis di dealer bisa kembali dilakukan. Namun pada masa transisi fase 1 ini, kegiatan dan juga kapasitas di dealer masih dibatasi yakni 50 persen saja. Di samping itu, protokol kesehatan juga wajib dipenuhi diantaranya menggunakan masker. 

>>> Masa Transisi Jakarta Jadi Asa untuk Pulihkan Penjualan Mobil Baru

Penjualan Mobil Online Masih Berlanjut

Dibukanya kembali dealer ini juga tak lantas menghentikan penjualan mobil secara digital. Diakui sederet pabrikan, penjualan mobil online masih akan terus berlanjut. 

"Yang pasti prospek sales dari online tahun lalu dibawah 10% / sekitar 9% saat covid ini meningkat diatas 20% / sekitar 23% dan rasanya bisa naik lagi kalau di include data Mei," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Cintamobil.com. 

Auto2000 Digiroom

Penjualan mobil-motil Toyota lewat online

Disebutkan Anton, pihaknya memang sudah memiliki teknologi yang memungkinkan penjualan mobil secara online yakni melalui Auto2000 Digiroom. Beberapa konsumen juga ada yang sudah mulai beradaptasi dengan kondisi kenormalan baru di dunia penjualan mobil ini.

>>> PSBB Dilonggarkan, Peningkatan Trafik Tol Belum Signifikan

Penjualan lewat jalur digital memang bukanlah hal baru tapi kurang dilirik. Kebanyakan konsumen memilih untuk mendatangi dealer langsung karena bisa melihat kondisi fisik mobil yang akan dibelinya.  

Di era New Normal, penjualan digital tentunya menjadi cara baru yang bakal dipilih konsumen dalam membeli mobil tanpa harus repot keluar rumah. 

"Penjualan online merupakan fasilitas untuk mendukung prilaku konsumen yang berubah menuju hidup normal yang baru. Dimana banyak yang menggunakan media digital untuk transaksi pembelian kendaraan," jelas Business Innovation & Marketing and Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billi.

>>> Honda CR-V Facelift Masuk ASEAN, Vietnam Jadi Negara Pertama

Home Service Juga Masih Terus Berlaku

Hal tersebut juga diamini oleh pabrikan Jepang lain di Indonesia yakni Daihatsu. Jalur online merupakan jawaban bagi konsumen yang masih takut untuk keluar rumah akibat pandemi corona.

"Meski customer sudah dibolehkan mengunjungi showroom sekalipun, tapi mungkin saat ini ada diantara mereka yang masih ragu-ragu berkunjung ke tempat-tempat publik," tambah Marketing and CR Division Head AI-DSO Hendrayadi Lastiyoso.

Tak cuma fokus ke penjualan. Layanan servis mobil di rumah atau Home Service juga masih akan terus berjalan di masa transisi seperti sekarang. Baik Toyota, Honda, maupun Daihatsu kompak melanjutkan tren Home Service.

Layanan servis mobil

Mekanik di dealer wajib patuhi protokol kesehatan

Ini tentu memudahkan bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan mobilnya namun tetap aman karena berada di rumah saja.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top