Penjualan Mobil Menurun, Gaikindo Belum Revisi Target

27/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Mobil Menurun, Gaikindo Belum Revisi Target
Lima bulan berjalan sejak awal tahun hingga Mei 2019, Gaikindo mencatatkan hasil kurang menggembirakan. Penjualan mobil mengalami penurunan hingga 14,7 persen. Meski demikian Gaikindo belum melakukan revisi target yang ingin dicapai tahun ini.

Foto menunjukkan Toyota Camry 2019 dipamerkan di GIIAS Surabaya

Tahun 2019, banyak model mobil baru diluncurkan di Indonesia

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melalui Ketua Umum-nya mengakui penjualan mobil tahun 2019 ini mengalami penurunan. Dari Januari hingga Mei tercatat sebanyak 422.038 unit atau lebih kecil 14,7 persen dibanding perolehan periode yang sama tahun lalu dimana penjualan mobil sudah mencapai 494.931 unit.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Meski demikian, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Johannes Nangoi merasa belum perlu untuk merivisi target yang sudah dicanangkan sejak awal tahun yaitu 1,1 juta unit. Nangoi cukup optimis pasar bakal membaik seiring suhu politik yang kembali normal.  "Secara pasar kami akui turun, tetapi kami harapkan Juli ini setelah kondisi politik normal, pasar bisa kembali pulih lagi," tutur Nangoi seperti dikutip dari Kompas, (26/6/2019).

Nangoi menambahkan situasi politik beberapa bulan terakhir memang cukup berpengaruh pada kondisi pasar. Banyak dari masyarakat yang memilih menunda membeli mobil baru karena kondisi yang kurang kondusif. Mereka khawatir mobil barunya terkena imbas negatif seperti pembakaran yang terjadi di kawasan asrama Brimob Petamburan, Jakarta pada 22 Mei 2019 lalu.

"Politik salah satu penyebab utamanya. Tetapi kami optimistis minimal bisa tetap sama seperti jumlah penjualan tahun lalu. Ditambah lagi Juli ada pameran otomotif dan faktor pendukung lain yang bisa mendongkrak penjualan mobil baru," ujar Nangoi.

>>> Honda Siap Pajang Accord Anyar Dan Satu Model Penyegaran Di GIIAS 2019, Apa Itu?

Foto sejumlah mobil dibakar massa saat kerusuhan 22 Mei 2019

Suhu politik yang memanas turut mempengaruhi penjualan otomotif di tanah air

Tahun 2018 lalu GAIKINDO sukses meraih hasil sangat positif penjualan mobil (penumpang dan komersil) dengan capaian sebesar 1.152.641 unit. Lebih besar dari tahun 2017 yang mencapai 1.067.390 unit. Apakah keyakinan Ketua Umum Gaikindo ini bisa terealisasi, waktu yang akan menjawab.

Saat ini GAIKINDO sedang bersiap menggelar hajar besar pameran otomotif bertaraf internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Banten mulai 18-28 Juli 2019 mendatang. Pameran tahunan ke 27 tersebut bakal menghadirkan puluhan merek otomotif roda empat dan roda dua. Pameran tersebut bakal jadi ajang para pabrikan mempresentasikan produk terbaiknya kepada masyarakat, selain juga jadi kesempatan berharga bagi pabrikan untuk mendongkrak penjualan mobil unggulannya dengan berbagai promo menarik.

>>> Jangan lewatkan kabar terbaru pasar mobil di sini

Banner jadwal pameran GIIAS 2019

Datang ke pameran GIIAS 2019 dan saksikan peluncuran puluhan mobil baru!

>>> Ikuti terus berita seputar otomotif lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

GAIKINDO Umumkan Daftar Peserta GIIAS 2019

14/03/2019

Event - Promosi

Jelang rangkaian pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mengumumkan 25 pabrikan peserta tahun ini.

Lihat juga

Mercedes Ingin Perbaiki Hubungan Dengan GAIKINDO Tahun Ini

13/02/2019

Pasar mobil

Permasalahan antara PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dengan GAIKINDO sepertinya akan membaik di tahun 2019 ini. Pihak MBDI sedang melakukan komunikasi secara intens kepada asosiasi supaya dapat menjadi anggota GAIKINDO kembali.

Lihat juga

Keluar Dari Gaikindo, Penjualan Mercedes-Benz Tembus 1.816 unit

21/09/2018

Pasar mobil

Hasil positif diraih Mercedes-Benz di Indonesia. Tanpa status anggota di Gaikindo, produsen otomotif asal Jerman itu sukses menjual ribuan mobil di tanah air melalui distributornya, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Lihat juga

Masih Tertinggal, GAIKINDO Optimis Ekspor Mobil Tahun ini Bisa Lebih Baik

18/09/2018

Pasar mobil

Laporan di GAIKINDO mencatat penjualan ekspor mobil CBU dari Indonesia ke Vietnam mencapai 1.997 unit di bulan Juli 2018. Itu adalah ekspor mobil perdana Indonesia setelah enam bulan sebelumnya berhenti dikarenakan adanya kebijakan baru pemerintah Vietnam yang dianggap menyusahkan. Lalu apa target GAIKINDO selanjutnya pasca masalah ini selesai?

Lihat juga

Gaikindo: Bisa Beli Mobil Mewah Itu Kebanggaan, Soal Pajak Mau Berapa Tidak Peduli

13/09/2018

Pasar mobil

Siapapun pasti tahu kalau mobil mewah harganya pasti mahal, apalagi bila menyandang status supercar dan hypercar. Tidak semua orang bisa memiliki. Jadi, suatu kebanggaan tersendiri kalau seseorang bisa membeli mobil mewah. Soal lain-lain, seperti pajak dan biaya lain yang berkaitan tidak jadi soal karena mereka memang siap dengan semua itu.

Lihat juga
 
back to top