Penjualan Mobil Listrik di Negara Ini Lebih Tinggi Ketimbang Mobil Biasa

07/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pernah berpikir kapan mobil listrik lebih populer dibanding model biasa di mana angka penjualannya lebih tinggi? Well, saat ini sudah terjadi di Norwegia.

Dibanding negara-negara lainnya, Norwegia bisa dibilang cukup cepat dalam menerima tren elektrifikasi. Hal ini terlihat dari angka penjualan mobil listrik di sana, dengan tahun 2020 jadi kali pertama EV lebih laku dari mobil ICE (Internal Combustion Engine).

Berdasarkan data yang dihimpun Reuters dari Norwegian Road Federation (OFV), dari total 141.412 unit mobil yang terjual di Norwegia, 76.789 di antaranya merupakan EV dengan market share 54,3%, sedang 45,7% sisanya merupakan kombinasi dari mobil plug-in hybrid, mobil bensin, dan diesel.

>>> Penjualan Mobil Listrik di Inggris Tahun Lalu Alami Peningkatan

Catat rekor global, bulan Desember 67%

Angka penjualan mobil listrik di Norwegia merupakan rekor baru, mematahkan catatan 42,4% dari 2019, kenaikannya sangat pesat jika melihat tahun 2010 yang punya market share 1%.

Porsche Taycan sedang di charging

Bulan Desember bahkan mencatatkan angka penjualan samapi 67%

Hal ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah untuk meningkatkan popularitas EV di Norwegia, di mana mobil listrik dibebaskan dari pajak yang umumnya ada untuk mobil ICE. Lebih jauh, Norwegia juga ingin mengakhiri penjualan mobil bensin dan diesel pada tahun 2025.

Jika melihat angka per bulan, Desember 2020 jadi capaian tertinggi penjualan mobil listrik di Norwegia dengan market share sebesar 66,7%, yang berarti dua per tiga dari mobil baru yang terjual saat itu adalah EV. Dan berdasarkan analisis industri, tren ini akan berlanjut tahun 2021, apalagi dengan lebih banyak model yang diperkenalkan ke pasar.

“Prediksi awal kami, mobil elektrik akan melewati 65% market share tahun 2021. Jika kami mencapainya, target menjual hanya mobil nol emisi tahun 2025 bisa tercapai,” ujar Christina Bu, Kepala Asosiasi EV Norwegia.

>>> Mobil Listrik Kia dan Genesis Akan Meluncur di Tahun Ini

Penjualan Diesel merosot tajam

Di sisi lain, penjualan mobil Diesel, yang cukup populer di Eropa, mengalami penurunan tajam. Dalam waktu 9 tahun saja, market sharenya turun dari 75,7% tahun 2011 menjadi hanya 8,6% tahun 2020.

Mobil baru yang siap dijual

Di sisi lain, penjualan mobil ICE merosot tajam, khususnya yang bermesin Diesel

Hal serupa juga terjadi pada mobil berbahan bakar bensin, dan mobil hybrid, yang masing-masing berada di 8 dan 9 persen. Namun, untuk model plug-in hybrid masih cukup diminati dengan angka sebesar 20% tahun 2020.

>>> Simak berita terbaru dan terlengkap seputar otomotif di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top