Penjualan Mobil Lewat Online Bukan Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Mobil Lewat Online Bukan Solusi di Tengah Pandemi Covid-19
Penjualan mobil online diharapkan bisa menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Tetapi bulan April lalu penjualan wholesale hanya di angka 7.871.

Banyak hal telah berubah akibat dampak serius akibat pandemi virus corona di Indonesia. Termasuk penjualan mobil yang kini mulai beralih secara digital atau online. Tetapi sayangnya, membeli mobil secara online merupakan hal baru bagi masyarakat Indonesia dan belum menjadi pilihan utama. 

>>> Bagaimana Cara GIIAS 2020 Tetap Terselenggara di Tengah Pandemi Covid-19?

Gambar menunjukan Beli mobil online

Penjualan mobil secara online belum menjadi solusi di tengah Covid-19

Banyak Agen Pemegang Merek di Indonesia sejak awal April lalu menawarkan berbagai promosi untuk pembelian mobil secara online. Alih-alih dapat menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19 dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pembelian mobil secara online masih belum banyak dilirik masyarakat Indonesia.

“Pembelian mobil secara online juga pernah kita bahas, pembelian mobil dikatakan tidak secara fisik, konsumen hanya melihat secara online, bahkan melihat sesi test drive secara online melalui Youtube lalu kemudian terjadi transaksi beli. Melihat dari pengalaman kami yang cukup lama, sistem online ini sebetulnya sebelum pandemi sudah ada, tapi secara spesifik di Indonesia mungkin karena nilai mobil itu cukup mahal bagaimanapun juga mereka maunya meraba dulu, pegang dulu, melihat secara detail seperti apa mobilnya. Kita semua anggota GAIKINDO masih belum berpikir penjualan mobil secara mendasar akan berganti menjadi online.” kata Rizwan Alamsjah, selaku ketua III GAIKINDO dalam sebuah video konferensi, Kamis (14/5/2020).

>>> IIMS 2020 Batal!

Gambar menunjukan Mobil berbaris

 Penjualan wholesales di bulan April 2020 jauh dari target GAIKINDO

Belum begitu menariknya dunia digital untuk memasarkan mobil secara online membuat anjloknya penjualan mobil di bulan April lalu. Penjualan wholesales di bulan April 2020 jauh dari target  Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

“Hal itulah yang membuat penjualan kita sangat tertekan. Konsumen kalau belum melihat secara detail mobilnya mereka tidak akan beli. Akibatnya target kami harapannya di bulan April lalu menjual 25.000 unit tetapi hanya 8.000 unit. Tapi ini sudah kita duga, karena PSBB ini membuat pelanggan tidak bisa melihat mobil secara langsung.” tutupnya.

Dampak pandemi virus corona atau Covid-19 memang sudah dirasakan industri otomotif nasional sejak bulan Maret. Berdasarkan data GAIKINDO penjualan wholesales di bulan April 2020 berada di angka 7.871 tunit turun sangat jauh dari target awal 20.000 unit, sedangkan retail sales masih sesuai harapan di angka 24.276 unit.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap selalu ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia mengubah bagaimana cara orang bertransaksi. Salah satunya membeli mobil pelelangan online.

Lihat juga

Honda Beri Keringanan untuk Pembelian Brio dan Mobilio Lewat Online

11/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Honda memiliki program khusus untuk mendukung penjualan mobil secara online. Ada diskon di dealer-dealer Honda untuk penjualan Mobilio dan BR-V secara online.

Lihat juga

All New Audi Q3 2020 Bisa Dibeli Lewat Online

28/04/2020

Mobil baru

3 menit

Guna memenuhi anjuran Pemerintah mengenai social dan physical distancing. Audi Indonesia bekerjasama dengan salah satu marketplace untuk pasarkan All New Audi Q3 2020.

Lihat juga

Wabah Virus Corona Membuat Pembelian Mobil Secara Online Meningkat

02/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus corona telah mengubah pola mobilitas harian manusia dan sikap membeli mobil di Tiongkok. Ipsos Group melaporkan berubahnya kebiasaan tersebut.

Lihat juga

Bantu Ringankan Dampak Wabah COVID-19, Auto2000 Gelar Bazar Ramadhan Online

26/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Auto2000 membantu warga KBA Binaan Auto2000 yang terkena dampak dari wabah corona atau Covid-19 secara ekonomi dengan menggelar bazar ramadhan secara online.

Lihat juga
 
back to top