Penjualan Mobil di Indonesia Diprediksi Sulit Tembus 600 Ribu Unit

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Mobil di Indonesia Diprediksi Sulit Tembus 600 Ribu Unit
Penjualan mobil di Indonesia tengah menjadi sorotan. Pasalnya, pandemi yang belum usai akan membuat pabrikan kesulitan memenuhi target penjualan 600 ribu unit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah menurunkan target penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2020. Bila semula ditargetkan bisa mencapai 1,150 juta unit, namun angka itu direvisi menjadi 600 ribu unit saja. 

Namun memasuki bulan kedelapan tahun 2020 tampaknya masih sulit untuk mengejar target yang telah direvisi tersebut.

>>> 20 Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020, Nissan Livina Paling Moncer

Masih Sulit Mengejar Target

Membeli mobil ke dealer

Daya beli masyarakat untuk membeli mobil tengah menurun

Sebagai catatan sepanjang Januari hingga Agustus 2020 penjualan wholesales baru mencapai 323.507 unit. Kemudian secara retail penjualan sepanjang delapan bulan ini mencapai 364.034 unit. 

Sekadar perbandingan pada periode Januari-Agustus 2019 penjualan mobil di Indonesia telah mencapai 661.919 unit secara wholesales dan retail sebanyak 831.662 unit. 

"Angka 600 ribu untuk dengan asumsi bulan Juni-Juli corona sudah mereda. Tapi dengan kondisi wholesales dan retail yang hanya 37 ribu di Agustus masih jauh dari 80 ribu, kemungkinan besar sih kita harus merevisi angka 600 ribu," ungkap Staf Ahli Gaikindo Stefanus Soetomo dalam bincang virtual Kompas Talks, Kamis (18/9/2020). 

Meski begitu Stefanus belum merinci lebih lanjut terkait revisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Menurutnya sesama anggota Gaikindo bakal berembuk untuk kepastian target penjualan tersebut. 

>>> Mengintip Penjualan Mobil di ASEAN, Indonesia Urutan Berapa?

PSBB Jakarta Ikut Berpengaruh

Penurunan penjualan ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang saling berkesinambungan. Yang jelas, sebab utamanya masih bermuara dari penyebaran virus corona. 

Penjualan Toyota

Toyota mulai aktif di jalur digital

"Saya kira kompleks ya, PSBB juga ada pengaruhnya sehingga tenaga penjual kita dan orang yang mau beli mobil juga kesulitan untuk berhubungan dengan showroom. Tapi juga secara ekonomi sudah mulai turun kemampuan daya beli. meskipun pasar itu sendiri ada, kebutuhan itu ada tapi sudah agak menurun," jelas Stefanus lagi. 

Seperti diketahui, pemerintah provinsi DKI Jakarta sejak 14 September 2020 kembali menarik rem darurat dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat. Jakarta sendiri menyumbang penjualan terbesar dari seluruh wilayah di Tanah Air. 

Pemberlakuan PSBB Jakarta ini tentunya bisa berpengaruh terhadap menurunnya penjualan mobil karena terbatasnya aktivitas masyarakat khususnya di Ibu Kota Jakarta.  

Para Agen Pemegang Merek (APM) pun memutar otak agar penjualan bisa berjalan meski ada sejumlah keterbatasan. Misalnya PT Toyota Astra Motor yang dalam sebulan terakhir giat mengenalkan mobil baru lewat jalur digital. 

>>> Pandemi Virus Corona Jadikan GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

10 Pilihan Jual Mobil Bekas Bandung Harga Rp 20 Jutaan

18/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa pihak yang jual mobil bekas Bandung harga Rp 20 jutaan. Namun walau harganya murah, Anda tetap harus teliti saat memilih ya, karena usia mobil biasanya sudah lebih dari 20 tahun sehingga pastikan pemilik sebelumnya benar-benar merawat mobil tersebut.

Lihat juga

Cari yang Jual Mobil Sport 2 Pintu Klasik? Pertimbangkan 8 Model Ini

18/09/2020

Jual beli

8 menit

Ketika mencari orang yang jual mobil sport 2 pintu klasik, maka pertimbangkan 8 model berikut ini. Namun tips dari kami, pilihlah unit yang masih dalam kondisi terawat dari pemakai sebelumnya, sehingga tidak merepotkan Anda dikemudian hari.

Lihat juga

Ini Dia Mitra Dealer yang Jual Mobil Esemka di Jakarta

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) menyebut mobil pickup Esemka Bima bisa dibeli di mitra dealer yang tersedia di Boyolali dan juga Ibu Kota Jakarta.

Lihat juga

4 Keunggulan Jual Mobil Bekas di Cintamobil.com

09/07/2020

Jual beli

2 menit

Menjual mobil secara daring akan meningkatkan potensi mobil terjual dengan cepat. Tak hanya itu, intip 4 keunggulan jual mobil bekas hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Cara Menjual Mobil Baru yang Cepat

17/07/2020

Jual beli

8 menit

Cara menjual mobil baru memang ada berbagai macam jalan. Namun Anda wajib memahami apa cara yang paling tepat dan cepat supaya semua mobil dagangan Anda terjual ludes.

Lihat juga
 
back to top