Penjualan Mobil di India Bulan April Nihil, yang Laku Malah Traktor

04/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Penjualan Mobil di India Bulan April Nihil, yang Laku Malah Traktor
Lockdown yang terjadi di India berdampak besar pada industri otomotif. April lalu, India mencatatkan tanpa penjualan untuk mobil penumpang, pertama sepanjang sejarah.

Pertama kali terjadi sepanjang sejarah otomotif di India, tidak ada mobil penumpang yang terjual selama bulan April. Mobilitas yang ketat menghambat bisnis otomotif yang terjadi di India. Dengan permintaan menurun drastic, penutupan diler penuh memukul penjualan mobil di India.

Tanpa penjualan mobil penumpang

Business Today India melaporkan bahwa negara Bollywood ini tanpa penjualan mobil penumpang bulan lalu. Industri otomotif India mendaftarkan nol penjualan bulan lalu di tengah-tengah lockdown sebagai langkah darurat pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona, meliputi penutupan pabrik dan diler.

beberapa mobil terletak di parkiran di India
Industri India berjalan tanpa penjualan di bulan April

>>> Mobil Terlaris Maret 2020, Toyota Avanza Moncer Ertiga Terjun Bebas

Masalah yang dihadapi India bukan tanpa sebab. India mulai memberlakukan lockdown sejak bulan Maret sehingga menutup kemungkinan terjadinya transaksi penjualan. Maruti Suzuki, pembuat mobil terbesar di India hanya menjual 76.240 unit pada bulan Maret. Angka tersebut berkurang hampir setengah (47,4%) dibandingkan dengan 145.031 unit terjual pada Maret 2019.

Lockdown tak ketinggalan turut mempengaruhi produksi mobil di India. " Merakit mobil adalah proses yang sangat kompleks dan melibatkan ribuan bagian. Jika bahkan satu bagian tidak tersedia maka mobil tidak dapat dibuat," kata Rajesh Goel, Senior Vice President and Director Marketing and Sales, Honda Cars India.

>>> Cegah Covid-19, Suzuki Terapkan Kebijakan Hygiene Commitment

Beralih ke sektor pertanian

Pemerintah India tampaknya sedang menggenjot sektor pertanian di tengah ketidakpastian pandemik. Sektor pertanian menjadi tulang punggung penjualan mobil di India. Selama periode lockdown, Maruti Suzuki dan Mahindra & Mahindra sanggup menjual 1.365 traktor yang menjadi komponen penting dalam bidang pertanian.

traktor berwarna merah sedang membajak sawah
Traktor menjadi penjualan satu-satunya dalam industri otomotif di India

"Di Mahindra, kami bekerja bahu-membahu dengan semua pemangku kepentingan, terutama dealer dan mitra pemasok kami, untuk memulai ekosistem kami, begitu lockdown diberlakukan ditutup. Keamanan semua karyawan kami menjadi sangat penting bagi kami sambil melanjutkan operasi kami," jelas Veejay Nakra, Kepala Eksekutif, Divisi Otomotif, Mahindra & Mahindra.

India masih memberlakukan lockdown untuk menurunkan penyebara virus Corona. Hingga saat ini, belum ada kejelasan tentang kapan lockdown diberhentikan. Besar kemungkinan masa lockdown di India akan terus berlangsung hingga bulan Mei ini.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Anjlok 52 Persen, Penjualan Mobil di Eropa Terparah di Seluruh Dunia

02/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat penjualan mobil di Eropa bulan Maret 2020 turun drastis hingga 52 persen. Itu adalah penurunan terburuk dalam 40 tahun terakhir.

Lihat juga

Diserang Covid-19, Ini Data Penjualan Mobil Global Kuartal I 2020

02/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pasar otomotif terusik oleh pandemi virus Corona (COVID-19). Lantas berapa yang dicapai, berikut data penjualan mobil di berbagai negara pada kuartal I tahun 2020.

Lihat juga

Mengintip Penjualan Mobil Mewah di Indonesia di Tengah Pandemi Corona

30/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia disebut-sebut telah mengalami penurunan imbas penyebaran corona. Namun apakah penjualan mobil mewah juga ikut terkena dampaknya?

Lihat juga

Penjualan Mobil Jepang di Seluruh Dunia Terjun Bebas karena Corona

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil Jepang sangat merasakan imbas dari penyebaran virus corona. Tercatat penjualan mobil-mobil Jepang secara global turun drastis akibat corona.

Lihat juga

Kena Dampak COVID-19, Penjualan Hyundai Merosot 11,6 Persen

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Hyundai Motor Company merosot sebesar 11,6 persen akibat dampak pandemi virus Corona (COVID-19) yang menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Lihat juga
 
back to top