Penjualan Mobil Bekas Ikut Terkerek Diskon PPnBM, Ini Model Paling Dicari

09/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Berbeda dibandingkan ketakutan pasar, ternyata relaksasi PPnBM yang diberikan sejak Maret lalu membawa peningkatan penjualan mobil bekas yang cukup signifikan.

Penjualan mobil bekas sempat dikhawatirkan akan mengalami dampak serius dengan penerapan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Namun pada kenyataanya diskon PPnBM yang diberlakukan sejak 1 Maret lalu membawa respons positif terhadap penjualan mobil seken. Mobil88 sebagai layanan milik Astra pun mengungkapkan naiknya transaksi mobil bekas.

Penjualan mobil bekas meningkat

Sutadi, Chief Operating Officer mobil88 dalam acara buka bersama jurnalis beberapa waktu lalu menjelaskan bagaimana mobil bekas yang menjadi turunan mobil baru turun mendapatkan sentimen positif atas kebijakan PPnBM 0%.

bursa jual beli mobil bekas di Blok M
Jual beli mobil bekas mengalami peningkatan paska PPnBM 0%

“Bisnis mobil bekasnya turunan bisnis mobil baru. Pada saat mobil baru itu keluar dari dealer, sudah mendapatkan nopol (nomor polisi), itu tentunya adalah market mobil bekas. Nah, berapa banyak orang yang membeli mobil first buyer dan replacement? Tentunya lebih banyak orang yang mengganti mobil atau sudah punya kendaraan atau menambah mobil,” jelasnya

Hal ini sejalan dengan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu. Dengan relaksasi pajak PPnBM, produksi mobil naik 23,36%, penjualan mobil naik 16,63%. Sedangkan penjualan mobil88 dalam periode yang sama mengalami pertumbuhan 11,4% dibandingkan tahun lalu.

>>> Pesanan Membludak Berkat Diskon PPnBM, Toyota Genjot Produksi

SUV paling banyak dicari

Lebih lanjut, Sutadi mengungkapkan bahwa pasar mobil bekas di Indonesia, khususnya di mobil88, masih didominasi oleh mobil jenis SUV. Kesan tangguh dan bisa digunakan di berbagai kondisi jalan masih menjadi daya tarik mobil ini.

"Memang di mobil Indonesia ini yang paling banyak dicari orang adalah kelas SUV, yang secara medan bisa dua alam. Dan kebetulan Jakarta kan kita tahu sama tahu sering banjir atau genangan air (yang tinggi). Sehingga customer lebih memilih kendaraan yang cukup tinggi,” jelasnya.

“Di SUV, itu memang salah satu yang menjadi andalan saat ini market di kita. Paling banyak dicari. Nah, apa aja saja range-nya? Kalau di kita kebetulan produk itu ada (Toyota) Rush.”

>>> Toyota Rush Bekas yang Siap Ditebus dengan Harga di Bawah Rp 100 Juta

Toyota Rush bekas berwarna hitam
Toyota Rush menjadi mobil yang paling banyak dicari

Bahkan data terbaru menyebut penjualan mobil bekas middle-up, contohnya Fortuner penjualannya relatif tidak turun.

“Fortuner paling menarik nih,” ungkapnya. “Data menunjukan bahwa untuk mobil kelas middle (dan) middle-up, (penjualannya) cenderung tidak turun.”

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top