Penjualan Mirage Zonk Di Tiga Bulan Terakhir, Pertanda Discontinue?

19/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Penjualan Mirage Zonk Di Tiga Bulan Terakhir, Pertanda Discontinue?
Mitsubishi Indonesia tengah berbunga-bunga berkat penjualan Xpander yang naik daun. Selama enam bulan pertama tahun 2018 sudah 39.948 unit terjual secara wholesales dan sukses menguasai pasar low MPV. Bagaimana dengan penjualan Miraget, saudaranya di segmen city car?

Foto Mitsubishi Mirage dari arah depan samping

Mirage satu-satunya model yang diandalkan Mitsubishi bersaing di segmen city car.

Hmmm, saudara kecilnya itu ternyata tak begitu beruntung. Jangankan mengejar penjualan Xpander, untuk tetap bertahan saja sepertinya makin susah. Selama periode yang sama penjualan Mirage hanya mencapai 259 unit saja. Itupun perolehan selama Januari hingga Maret. Sedangkan April hingga Juni tidak data penjualan yang tercatat di data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

>>> Baca review dan spesifikasi lengkap Mistubishi Mirage 2017, City Car Sporty paling canggih di kelasnya

Penjualan Mirage semester I 2018 juga menempati posisi paling buncit dikalahkan city car milik para kompetitor, seperti data berikut:

ModelTerjual
Suzuki Ignis7.659 unit
Honda Brio5.887 unit
Datsun Cross2.248 unit
Nissan March979 unit
Daihatsu Sirion590 unit
Mitsubishi Mirage259 unit

Apakah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sengaja melupakan mobil mungil yang didatangkan dari Thailand ini demi mendongkrak model lain macam Xpander?

Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group MMKSI menuturkan tidak adanya data penjualan Mirage wholesales di Gaikindo dalam tiga bulan terakhir dikarenakan MMKSI memang tidak mengirimkan unit ke dealer-dealer.

Namun hal itu bukan berarti MMKSI berhenti melakukan penjualan Mirage. Dealer masih tetap menjual ke konsumen dengan stok yang tersedia.

“Jadi dari kita enggak distribusi lagi, tapi dealer menjualnya dari stock yang ada. Jadi mereka habiskan itu dulu karena kebanyakan masih ada dealer,” tutur Imam kepada media di sela-sela peresmian dealer baru PT Setiakawan Menara Motor - Serang Banten, Selasa (17/7/2018).

>>> Cari mobil second berkualitas, di Cintamobil.com saja. Ada banyak sekali pilihan!

Foto Mitsubishi Mirage tampak dari samping belakang

Mitsubishi masih menjual Mirage dengan stok yang masih tersedia di dealer-dealer

Saat disinggung tentang kelanjutan city car ini, Imam menolak kalau produksi dan penjualan Mirage dikatakan discontinue. MMKSI tetap bakal menjual Mirage hingga waktu yang tidak diketahui meski permintaan pasar sangat minim.

Sampai kapan penjualan Mirage ini bakal berlangsung, ikuti terus perkembangannya!

>>> Berita otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top