Penjualan Lesu, Suzuki Hentikan Penjualan Baleno RS di India

28/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Lesu, Suzuki Hentikan Penjualan Baleno RS di India
Angka penjualan tidak menggembirakan sejak diperkenalkan 2017 lalu, Maruti Suzuki akan menyuntik mati Suzuki Baleno RS di India, dan tidak akan menghadirkan varian tersebut pada model terbarunya.

Biasanya, jika sebuah model mobil menghadirkan varian sporty, trim tersebut akan jadi yang paling laku dan diminati, hal tersebut tidak terjadi dengan Suzuki Baleno RS. Kurang dari tiga tahun setelah diperkenalkan pada Maret 2017, varian sporty Baleno itu akan dihentikan produksinya.

>>> Alternatif dari Yaris-Jazz, simak review Suzuki Baleno Facelift berikut ini

Mengutip informasi IndianAutosBlog, Maruti Suzuki selaku APM Suzuki di India menyuntik mati Baleno RS karena kurangnya minat pasar akan varian ini. Maka, saat Baleno beralih ke standar emisi BS-VI dalam waktu dekat, tak ada lagi varian RS.

Sosok Suzuki Baleno RS Facelift 2019 warna merah

Dijual sejal Maret 2017, penjualan Baleno RS kurang menggembirakan

Stok Suzuki Baleno RS sendiri masih akan dijual dealer Suzuki di India, namun hanya stok sisa yang belum terjual. Dibandingkan Baleno biasa, varian RS punya tampilan yang lebih sporty dengan grille berpola mesh yang sporty, bumper depan yang kekar, spoiler dan interior serba hitam.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan berkualitas untuk Anda

Mesin Baleno RS, K10C dengan teknologi Boosterjet

Mesin K10C yang dipakai Baleno RS lebih bertenaga dibandingkan K14B

Bukan hanya eksterior dan interior yang berbeda, mesin Baleno RS juga berbeda dari varian standarnya yang memakai mesin K14B. Trim RS memakai mesin K10C 1.000cc Boosterjet turbo 3-silinder, yang menghasilkan tenaga maksimal 102 HP pada 5.500 rpm dan torsi 150 Nm pada rentang 1.700-4.500 rpm, dan hanya memiliki opsi transmisi manual 5-percepatan. Angka ini lebih besar dari mesin K14B yang digunakan Suzuki Baleno pasar Indonesia, yang hanya memiliki tenaga 91 HP dan torsi 130 Nm.

>>> Kabar seputar pasar mobil bisa Anda lihat di sini

Suzuki New Baleno 2020 Facelift

Suzuki New Baleno 2020 di Indonesia memakai bodykit ala Baleno RS

Tapi, apakah Baleno RS yang baru disuntik mati di India akan berdampak pada nasib Baleno di Indonesia? Sebagai catatan, Suzuki Baleno 2020 untuk pasar Indonesia baru saja mendapatkan facelift, mesinnya memakai K14B seperti varian standar, namun styling eksterior dan interior yang dipakai seperti Baleno RS.

Apakah hilangnya varian RS yang baru diperkenalkan pada bulan Maret 2017 itu akan berdampak pada keberlangsungan Baleno di Indonesia? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terlengkap dan terbaru ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Inikah Tampilan Suzuki Baleno 2020, Hatchback Terbaru Suzuki?

10/12/2019

Mobil baru

2 menit

Sebagai salah satu hatchback unggulan Suzuki di Indonesia, Baleno diperkirakan akan diluncurkan bulan ini. Seperti apa tampilan Suzuki Baleno 2020 nantinya?

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Mengenal Sejarah Suzuki Baleno, Dari Sedan hingga Hatchback

25/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Dari awalnya diproduksi dalam bentuk sedan hingga menjadi hatchback, sejarah Suzuki Baleno terpampang sebagai salah satu model unggulan Suzuki di Indonesia.

Lihat juga

Ini Saatnya Berburu Suzuki Baleno New Old Stock Dengan Diskon Hingga Rp 30 Juta!

23/12/2019

Event - Promosi

3 menit

Suzuki New Baleno 2020 baru saja meluncur, namun sebenarnya inilah saat tepat untuk memburu Suzuki Baleno New Old Stock dengan diskon hingga Rp 30 juta!

Lihat juga

Baleno Facelift Meluncur, HPM Pertimbangkan Bawa Honda Jazz Terbaru

23/12/2019

Mobil baru

3 menit

Merespon kehadiran Suzuki Baleno facelift yang lebih menggugah, Honda Prospect Motor (HPM) mempelajari kemungkinan Honda Jazz terbaru dibawa ke Indonesia.

Lihat juga

Tutup Tahun 2019, Suzuki New Baleno 2020 Resmi Diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales

20/12/2019

Mobil baru

4 menit

PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang mereka Suzuki di Indonesia, menutup tahun 2019 dengan meluncurkan Suzuki New Baleno 2020

Lihat juga