Penjualan Hyundai di China Nyaris Nggak Laku!

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Hyundai di China Nyaris Nggak Laku!
Virus Corona berdampak buruk pada penjualan Hyundai Motor di China bulan Februari 2020. Total penjualan turun 97% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Virus Corona (COVID-19) ditetapkan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) karena penyebarannya melebihi batas kewajaran. Sejak muncul di Kota Wuhan Provinsi Hubei, China awal 2020, COVID-19 sudah menyebar lebih dari 100 negara di dunia.

Foto menunjukkan aktivitas Perakitan di pabrik Hyundai Korea

Hyundai sempat menutup pabriknya di Korea Selatan karena pasokan komponen dari China tersendat

Virus Corona juga melumpuhkan aktivitas dan kegiatan ekonomi di berbagai negara, termasuk industri otomotifnya. Sejumlah pabrikan otomotif terpaksa tutup untuk menghindari penyebaran virus yang lebih parah. Misalnya Honda dan Volkswagen menutup pabriknya di China. Atau Hyundai Motors Company yang menutup pabriknya di Korea karena pasokan komponen dari China terhambat. Bagaimana dengan penjualan?

Diberitakan Reuters.com, (17/3/2020) Hyundai Motors cukup terpukul dengan adanya COVID-19. Data dari perusahaan menyebut, penjualan Hyundai di China pada bulan Februari 2020 hanya sebanyak 1.007 unit. Angka itu turun jauh (97%) dari penjualan Hyundai pada bulan yang sama tahun lalu dimana saat itu terjual sebanyak 38.017 unit.

Dilihat dari laman resminya, penjualan Hyundai secara global pada bulan Februari 2020 memang turun 13% dibanding bulan Februari 2019. Total unit yang terjual sebanyak 275.044 unit. Sedangkan pada Februari 2019 penjualan masih mencapai 315.820 unit.

>>> Gara-gara Virus Corona, Penjualan Hyundai Merosot

Foto menunjukkan logo Hyundai di salah satu diler Hyundai Motors China

Bisnis Hyundai di China benar-benar tepukul oleh Corona

Masih dari informasi Reuters, penurunan ini adalah yang paling rendah dalam satu dekade terakhir. Virus Corona dituding sebagai salah satu penyebabnya. Banyak orang lebih fokus bertahan menghadapi serangannya dibanding berpikir membeli mobil baru. Selain itu penurunan juga disebabkan oleh pembatasan besar-besaran pemerintah di China terhadap mobilitas warganya agar virus Corona tidak semakin menyebar ke seluruh penjuru negeri.

Belum diketahui kapan bisnis otomotif di China bakal pulih seperti semula mengingat, negara ini juga baru mulai membaik. Wabah mulai bisa dikendalikan dan sejumlah pabrikan otomotif mulai melakukan aktivitasnya setelah libur dalam waktu lama.

>>> Tertarik membeli mobil Hyundai, Cek koleksi dan harganya di sini!

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak berita otomotif lainnya

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Harga Mobil Hyundai Getz Bekas

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Dari banyak pilihan mobil, Hyundai Getz menjadi salah satu sosok yang paling dicari oleh masyarakat. Apa alasannya? Jujur saja, banyak orang terpukau akan desainnya yang memikat bak mobil Eropa. Belum lagi, fiturnya yang cukup lengkap serta dibanderol dengan harga terjangkau, menjadi alasan utama mengapa orang banyak mencari Hyundai Getz. Penasaran? Ini dia harga mobil Hyundai Getz bekas.

Lihat juga

Hyundai Motor Hentikan Produksi di Korea Gara-Gara Virus Corona di China, Kok Bisa?

05/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Meski tidak memiliki pabrik di kota Wuhan China, Hyundai Motor terpaksa menghentikan proses produksi di Korea selama seminggu akibat wabah virus Corona.

Lihat juga

Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

02/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya Cina, dampak penyebaran virus Korona juga menghantam industri otomotif di Korea Selatan, di mana Hyundai menutup lima fasilitas pabrik perakitan mobil di Ulsan.

Lihat juga

Benarkah Air Purifier Mobil Dapat Membasmi Virus Corona?

17/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Baru-baru ini, Geely memperkenalkan SUV baru dengan teknologi Air Purifier yang dapat mematikan Virus Corona dalam kabin mobil. Apakah itu benar adanya?

Lihat juga

Virus Corona Meluas di Eropa, VW Tutup Pabriknya

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Krisis yang dipicu meluasnya penyebaran Virus Corona kini sudah mulai mempengaruhi industri otomotif di Eropa. Yang terbaru, Volkswagen menutup pabriknya di kawasan Benua Biru sampai akhir Maret.

Lihat juga