Penjualan Honda Mobilio Menurun Tajam, Saatnya Pembaruan?

10/01/2019

Pasar mobil
Penjualan Honda Mobilio Menurun Tajam, Saatnya Pembaruan?
Mengalami penurunan penjualan cukup besar, Honda Mobilio harus melakukan sesuatu agar tidak makin tertinggal dari kompetitornya. Masukan dari para netizen, Honda harus melakukan pembaruan dan menambah beberapa fitur yang seharusnya ada untuk mobil-mobil sekarang.

Mendekati akhir tahun 2018 lalu sempat terjadi pergeseran posisi penjualan mobil terlaris. Setelah Toyota Avanza yang berhasil merebut kembali posisi satu mobil keluarga low MPV pada bulan Oktober dari genggaman Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio juga mengalami pergeseran posisi setelah disalip Wuling Confero S. Di bulan November 2019 Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 837 unit dari bulan sebelumnya sebanyak 1.549 unit. Sementara Wuling Confero S masih mampu terjual sebanyak 1.046 unit dari bulan sebelumnya sebanyak 775 unit.

Foto Honda Mobilio SE tampak dari depan samping

Honda Mobilio Special Edition diluncurkan hanya ada 800 unit

Pencapaian Honda Mobilio yang sampai tersalip Wuling Confero S ini mengejutkan mengingat Honda Mobilio pernah jadi idola di tahun pertama peluncuran, 2014 dengan jumlah penjualan sebanyak 79.288 unit. Sementara Wuling Confero S yang diluncurkan pertengahan 2017 masih harus merangkak dengan penjualan di kisaran angka 1.000-an unit per bulan. Belum lagi nama besar Honda yang sangat populer di Indonesia jauh melebihi ketenaran nama Wuling yang sering kali mendapat cibiran hanya gara-gara merek China.

>>> Review Honda Mobilio 2018 bisa Anda baca di sini!

Kembali ke soal penjualan, menurut beberapa analisa yang terpublish di dunia maya, ada faktor-faktor yang membuat low MPV andalan Honda ini menurun drastis. Sebagian besar menganggap Honda Mobilio terlalu nyaman dengan model yang ada tanpa melakukan pembaruan signifikan. Padahal para kompetitor sudah bergerak, ada yang menghadirkan model baru dengan fitur-fitur terkini hingga ada yang menghadirkan generasi terbaru seperti Suzuki All New Ertiga. Pembaruan terakhir Honda Mobilio ada di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2018 dimana Mobilio hadir dengan label Special Edition. Itu pun sebatas sentuhan-sentuhan kecil di bagian eksterior dan interior serta jumlah unit terbatas hanya 800 unit.

Foto Wuling Confero S tampak dari samping depan

Akhirnya, Wuling Confero S bisa salip penjualan Honda Mobilio

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Banyak yang menyarankan Honda segera melakukan upgrade, bahkan bila mungkin segera menghadirkan generasi terbaru Mobilio dengan menyematkan beberapa fitur yang belum ada saat ini, diantaranya:

  • Cruise Control untuk mengatur kecepatan konstan saat melewati jalan lengang panjang seperti jalan tol,
  • Airbag samping (curtain) untuk memberi perlindungan lebih kepada penumpang,
  • Telescopic Steering untuk memaju-mundukan setir seperti yang ada pada Mitsubishi Xpander varian tertinggi sebab model saat ini baru tilt saja yang ditawarkan,
  • Seat height adjuster untuk mengatur tinggi rendah jok pengemudi guna meningkatkan visibilitas,
  • Lampu LED lampu utama agar lebih terang, model saat ini masih memaki bohlam halogen,
  • Power Outlet di tiap baris kursi. Meski hanya colokan kecil tapi fitur ini jadi salah satu pertimbangan penting bagi penumpang. Ini pula yang membedakan Honda Mobilio dengan Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander.
  • Arm rest baris kedua untuk mengistirahatkan tangan penumpang baris kedua. Bila perlu difungsikan juga sebagai ruang penyimpanan dan cup holder. Mestinya Honda harus memperhatikan soal penempatan agar tidak banyak makan ruang.

>>> Ditengah Persaingan Xpander-Avanza, Facelift Honda Mobilio Dipersiapkan

Sebenarnya masih banyak fitur yang bisa ditambahkan untuk memberikan nilai plus bagi Honda Mobilio selain fitur-fitur di atas. Tentunya, soal harga juga harus dipikirkan agar tidak melambung terlalu tinggi. Honda perlu mencontoh pembaruan pada Honda Brio Satya E yang akhirnya melejitkan penjualan. Simak videonya berikut!

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top