Penjualan Honda Jazz Masih Moncer, Jadi Disetop Atau Tetap Lanjut?

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Honda Jazz Masih Moncer, Jadi Disetop Atau Tetap Lanjut?
Penjualan Honda Jazz di Indonesia saat ini masih terbilang bagus. Hal itu yang membuat Honda masih belum memutuskan masa depan terkait Jazz dan City Hatchback.

Honda Jazz model terbaru sudah meluncur di ajang Tokyo Motor Show November 2019. Honda memberikan banyak ubahan pada hathcback andalannya itu. Paling jelas ada di sisi eksterior kemudian ubahan juga tersemat pada interior, maupun fitur di dalamnya. 

Banyaknya ubahan pada Honda Jazz terbaru membuat karakternya ikut berubah. Jazz yang biasa hadir dengan tampilan sporty kini terlihat lebih futuristik. Berubahnya karakter Honda Jazz menjadi alasan mengapa hatchback itu belum dibawa ke Indonesia. 

Honda Jazz

Tampilannya lebih futuristik dan cocok untuk pasar Jepang

>>> Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Penjualan Honda Jazz Mungkin Disetop Atau Dilanjutkan

Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy juga sempat menegaskan bahwa Jazz model terbaru memang diperuntukan untuk konsumen di Negeri Sakura. 

Hal itu justru memunculkan spekulasi lain terlebih setelah Honda City Hatchback meluncur di Thailand. Spekulasi yang mencuat adalah Jazz akan digantikan Honda City Hatchback. Rumor kian mencuat terlebih Honda juga menyebut City Hatchback punya karakter DNA sporty sesuai dengan karakter yang diingkan orang Indonesia pada model hatchback. 

"Untuk pertanyaan, apakah City HB akan diluncurkan disini dan apakah akan menggantikan Jazz atau berdampingan dengan Jazz itu sedang kami pelajari yah," ungkap Billy saat dikonfirmasi Cintamobil, Senin (4/1/2021) sore.

Jazz mungkin saja digantikan oleh Honda City Hatchback. Apalagi bila penjualan Honda Jazz merosot. Namun demikian, penjualan Jazz di Indonesia masih terbilang moncer.

Honda City Hatchback

Wujud City Hatchback lebih sporty

>>> Karakter Berbeda, Honda Jazz Model Terbaru Tak Masuk Indonesia?

Nama City Hatchback Muncul di Samsat

Billy menyebut bahwa penjualan Jazz saat ini mencapai lebih dari 500 unit per bulan. Sehingga belum tentu juga Jazz akan disetop dan digantikan oleh City Hatchback.

Honda City Hatchback

Nama City Hatchback muncul di Samsat

Sementara bila mengacu pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Honda Jazz secara total periode Januari-November 2020 sebanyak 5.179 unit. 

"Yang pasti setiap produk yang kami perkenalkan itu selalu sesuai dengan target pasarnya dan keinginan konsumennya," jelas Billy. 

Nama Honda City Hatchback sendiri baru-baru ini muncul di laman Samsat PKB Jakarta. Di situ ada dua model City Hatchback yang tercantum beserta dengan Nilai Jual Beli Kendaraan Bermotor (NJKB). Billy pun tak menampik hal tersebut sembari menegaskan bahwa itu bukan berarti City Hatchback akan diluncurkan di Indonesia. 

>>> Sudah Uji Tipe, Honda City Hatchback Belum Pasti Meluncur di Indonesia

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top