Penjualan Fantastis, Honda Sebut Xpander Sedang Berbulan Madu

14/10/2018

Pasar mobil
Produk andalan Honda di segmen low MPV, Honda Mobilio jauh tertinggal dari Mitsubishi Xpander yang sukses menjadi pemimpin pasar. Honda tak cemas dan menganggap Xpander sedang bulan madu yang suatu saat pasti berakhir.

Foto Honda Mobilio Special Edition di pameran IIMS 2018

Pameran otomotif IIMS 2018, momen Honda Mobilio Special Edition diluncurkan dan hanya ada 800 unit

Pertengahan Agustus 2017 industri otomotif Indonesia masuk ke dalam cerita baru persaingan mobil keluarga Low MPV. Adalah kemunculan dua model baru yang menjadi penyebabnya, yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Keduanya benar-benar mengubah peta persaingan dengan fenomena yang berbeda. Mitsubishi Xpander fantastis berkat desain segar, unit, dan belum pernah ada di dunia sebelumnya. Sedangkan Wuling Confero S bikin banyak orang terbelalak dengan banderol harga yang jauh lebih murah dibanding para kompetitornya satu segmen. Xpander seketika booming dan jadi primadona baru hingga saat ini. Sedangkan Confero S yang awalnya dipandang sebelah mata hanya gara-gara 'merek China' perlahan tapi pasti mulai menemukan peminatnya. Bagaimana dengan para kompetitor?

Salah satu yang cukup terpengaruh dengan kemunculan model baru low MPV di atas adalah Honda Mobilio. Diakui kalau keduanya sukses mengalihkan fokus konsumen dari yang sebelumnya mantap membeli Mobilio menjadi harus berhitung ulang. Menurut Honda, fenomena ini adalah wajar. Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengibaratkan seperti bulan madu. Dan yang namanya bulan madu, tentu tak akan selamanya.

"Tetapi tidak selamanya bulan madu terus," tutur Jonfis usai peresmian diler Honda Nusantara Bekasi di Bekasi, Jawa Barat beberapa hari lalu.

>>> Edisi Spesial Honda Mobilio Hadir lebih Elegan di IIMS 2018

Jonfis menuturkan Honda Mobilio pernah mengalami hal yang sama sebelumnya saat diluncurkan awal 2014 silam. Bahkan jika dikomparasikan penjualan tahun pertamanya dengan Mitsubishi Xpander saat ini, Honda Mobilio jauh lebih banyak. "Saya lupa datanya berapa, tetapi kalau dibandingkan dalam kondisi baru meluncur antara pemain baru dan ketika Mobilio meluncur, lebih besar kami," kata Jonfis.

Bila sekarang ini Honda Mobilio seperti tidak lagi diminati, itu salah. Honda Mobilio masih terjual dengan jumlah cukup lumayan meski tak sebooming saat pertama diluncurkan. Dalam catatan GAIKINDO, penjualan Honda Mobilio pada semester I 2018 masih mencapai 11.718 unit dan menempati urutan kelima di bawah Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Anggapan kurang mendapat perhatian bukan berarti tak ada penjualan, tapi lebih pada pemberitaan dimana media lebih banyak menayangkan produk-produk terbaru yang dianggapnya lebih menarik.

"Kami juga tidak tinggal diam, strategi penjualan juga sudah kita lakukan, seperti salah satunya menerapkan diskon atau subsidi kepada diler agar penjualannya tetap normal," kata Jonfis.

>>> Baca Review dan Spesifikasi lengkap Honda Mobilio 2018 Indonesia

Saat ini Honda Mobilio dijual mulai harga Rp 193.000.000 hingga Rp 228.900.000. Berikut daftar harga Honda Mobilio yang lebih lengkap berlaku di bulan Oktober 2018:

Mobilio S Rp 193.000.000
Mobilio E Rp 213.500.000
Mobilio E CVT Rp 224.500.000
Mobilio RS Rp 236.000.000
Mobilio RS CVT Rp 247.000.000
Mobilio Special Edition Rp 228.900.000

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top