Penjualan di Bawah Avanza, Mitsubishi Xpander Diklaim Masih Lebih Unggul

05/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Penjualan Mitsubishi Xpander kembali berada di bawah Toyota Avanza. Meski demikian PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merasa pencapaian Xpander tetaplah lebih unggul dan yang terbaik. Apa sebab?

Data penjualan mobil bulan Mei 2019 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menempatkan posisi Toyota Avanza di peringkat tertinggi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebanyak 7.362 unit. Toyota Rush yang menjadi saudara sekaligus pesaing terdekatnya hanya mampu terjual sebanyak 6.311 unit. Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander?

Foto salah satu varian Mitsubishi Xpander yang cukup digemari masyarakat

Perjalanan Mitsubishi Xpander tak sefenomenal seperti saat diluncurkan

Mobil keluarga andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini mengalami peningkatan pesat dan signifikan di bulan Mei 2019 dengan penjualan sebanyak 5.101 unit, naik sekitar 43% dari bulan sebelumnya yang hanya terjual sebesar 3.752 unit. Tentu saja dengan angka hanya sebanyak itu penjualan Mitsubishi Xpander masih lebih kecil dibanding Toyota Avanza. Hal itu juga diakui oleh pihak MMKSI bahwa penjualan tahun ini tidak sekuat tahun lalu.

Meski demikian apa yang dicapai Xpander sudah sangat membanggakan karena jauh melebih ekspektasi. Tak hanya itu saja, MMKSI bahkan merasa Mitsubishi Xpander tetap lebih unggul dibanding kompetitornya tersebut. Alasannya, Xpander bermain dengan satu varian mesin yaitu 1.500 cc, sementara Avanza punya dua mesin yakni 1.500 cc dan 1.300 cc.

>>> Review Mitsubishi Xpander Limited 2019, Hanya Xpander Dengan Tambahan Paket Aksesoris?

Foto Dua varian Mitsubishi Xpander yang diluncurkan di GIIAS 2018

Meski hanya satu varian mesin, Mitsubishi Xpander punya 7 tipe yang bisa dipilih

“Banyak faktor penyebabnya, tapi dengan penjualan seperti ini market share kami masih cukup tinggi, sekitar 26,6 persen. Jadi untuk pendatang baru masih cukup tinggi,” tutur Kepala Penjualan dan Grup Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya seperti dikutip dari Kompas, (4/7/2019). “Kalau masuk di low MPV kan ada dua mesin, 1.5 L dan 1.3 L. Kita memang di satu segmen tapi meski satu saja market share Xpander di atas 40 persen. Tapi karena di data Gaikindo digabung jadi satu maka kami jadi 26,6 persen,” lanjutnya.

Ke depan penjualan Mitsubishi Xpander akan terus didorong melalui berbagai program menarik seperti Xpander Pinter Bener Family Festival. Ini adalah rangkaian acara dari kampanye terbaru Mitsubishi Xpander #PilihXpanderPinterBener yang bertujuan memberikan edukasi kepada konsumen pengguna Mitsubishi Xpander maupun potential customer mengenai keuntungan memiliki Mitsubishi Xpander yang lebih besar dari harga yang ditawarkan.

>>> Xpander Pinter Bener Family Festival Hadir Di Kota Bekasi

Foto pembukaan even Mitsubishi Xpander Pinter Bener Family Festival di Summarecon Mall Bekasi

Berbagai event diselenggarakan untuk menarik minat konsumen

Selain itu MMKSI juga mencoba menyasar pasar fleet dengan menyediakan varian terendah GLS dan GLX dengan harga paling murah yaitu Rp 210.300.000 untuk GLX M/T dan Rp 226.800.000 untuk GLS M/T. “Kami saat ini masih fokus ritel, tapi kami juga membaca peluang fleet karena cukup besar mendorong GLX dan GLS. Salah satu pertimbangan pasar fleet sebagai kendaraan operasional adalah biaya mulai dari initial cost karena kaitannya dengan rental fee,” kata Imam.

Seperti apa hasilnya, tunggu sampai akhir tahun!

>>> Simak juga berbagai berita dunia otomotif terkini di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top