Penjualan Daihatsu Anjlok, Xenia Jeblok Kalah Laris dari Sigra

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Daihatsu Anjlok, Xenia Jeblok Kalah Laris dari Sigra
PT Astra Daihatsu Motor juga turut merasakan penurunan penjualan di tengah pandemi corona. Dalam catatan Xenia turun paling drastis masih kalah dari Sigra.

Cerita terkait penurunan penjualan mobil di tengah pandemi corona juga turut dialami oleh pabrikan Jepang lain yakni Daihatsu. PT Astra Daihatsu Motor baru-baru ini merilis data penjualan mobilnya sepanjang April 2020 yang tercatat menurun baik secara retail sales maupun wholesales. 

Penjualan Terendah

Bila pada Maret 2020 Daihatsu masih mampu menjual 10.946 unit, maka pada April jumlahnya 5.160 unit atau turun 52,9%. Sementara bila dilihat secara keseluruhan penjualan yang terdaftar di Gaikindo, penjualan pada April hanya mencapai 24.276 unit.

Daihatsu Sigra

Sigra menjadi mobil terlaris dari Daihatsu menggeser Xenia

>>> Berapa Harga Mobil Fortuner dari Generasi ke Generasi?

"Bulan April ini adalah market yang paling rendah yang saya rasakan selama ini. Dibandingkan Maret turunnya 59,8 persen itu adalah kondisi market otomotif di bulan April, jadi sangat rendah sekali satu cerita menarik sekali karena kita belum pernah melihat angka seperti ini," buka Marketing and CR Division Head AI-DSO Hendrayadi Lastiyoso dalam bincang virtual, Kamis sore (14/5/2020). 

Dijelaskan Hendrayadi, model yang paling terdampak dari penurunan ini adalah Low MPV Xenia. Xenia pada April hanya terjual di kisaran 500 unit. Ini berbeda kembarannya Avanza. Avanza justru masih menjadi primadona bagi Toyota di tengah menurunnya penjualan dengan 1.897 unit laris di pasaran. 

>>> Daihatsu Beri Dispensasi Garansi Kendaraan Yang Habis Saat PSBB

Xenia Makin Merosot

Menurutnya, penurunan Xenia turut dipengaruhi oleh pangsa pasar Low MPV yang juga tengah merosot. Dalam catatannya, segmen mobil yang paling banyak peminatnya di Indonesia itu tengah menurun 35 persen. 

Daihatsu Xenia

Jualan Daihatsu Xenia Merosot

"Yang paling banyak mengalami penurunan datanya kita buka adalah Xenia. Kalau kita lihat kenapa Xenia sebesar 40 persen market MPV Low di pasar otomotif Indonesia menurut catatan saya adalah juga yang paling besar ya penurunannya. Wajar Xenia yang berada di MPV Low mengalami penurunan besar juga," jelas Hendrayadi. 

>>> GIIAS 2020 Dijadwalkan Tetap Dihelat pada 22 Oktober

Bila Xenia turun, nasib Sigra justru lebih baik. Sigra secara retail sales mencatatkan penjualan di kisaran 1.300 unit. Sigra memang sudah dua tahun belakangan penjualannya meningkat dan menggeser tahta Xenia. Bahkan kini menjadi model terlaris dari Daihatsu.

"Sigra ini walaupun mengalami penurunan, tetapi kalau kita lihat memang LCGC baik hatchback maupun MPV juga mengalami penurunan. Tapi penurunan kami masih cukup baik," pungkas Hendrayadi. 

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Daftar Mobil LCGC Terlaris, Sigra Dibuntuti Brio Satya dan Calya

25/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Meski tak sebooming low MPV, mobil LCGC sangat disukai masyarakat Indonesia. Siapa yang paling favorit? Berikut daftar mobil LCGC terlaris di Indonesia dalam tiga bulan pertama 2020.

Lihat juga

13 Model Mobilnya Naik Harga, Toyota Nggak Takut Sepi Pembeli?

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota tercatat menaikan sejumlah harga mobilnya di tengah pandemi corona. Toyota sendiri cukup pede mobilnya masih tetap akan laris walaupun harganya naik.

Lihat juga

Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

13/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota masih mampu menjual sekitar 8.000an unit mobil di saat pandemi corona menyebar luas. Avanza masih menjadi mobil terlaris Toyota di tengah pandemi ini.

Lihat juga
 
back to top