Penjualan Avanza Melejit, Ini Strategi Jitu Yang Dipakai Diler Toyota Jawa Timur

20/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Penjualan Avanza Melejit, Ini Strategi Jitu Yang Dipakai Diler Toyota Jawa Timur
Diler Toyota Jawa Timur ternyata memiliki caranya sendiri untuk melejitkan penjualan Avanza di wilayahnya, dan berhasil. Kontribusi yang diberikan untuk penjualan Avanza secara nasional mencapai lebih dari 10% per bulan.

Avanza kembali ke posisi asalnya di peringkat satu segmen low MPV setelah mencatatkan hasil terbaik di bulan Februari 2019. Total penjualan Avanza mencapai 5.700 unit menjadi yang paling tinggi diantara model-model lain seperti Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Wuling Confero dan Nissan Grand Livina.

Selain karena kehadiran model baru facelift, laris manisnya penjualan Toyota Avanza juga di topang oleh strategi yang diterapkan para tenaga penjual alias diler dalam menarik minat konsumen. Auto2000, diler Toyota Jawa Timur ini misalnya untuk mendapatkan angka penjualan Avanza semaksimal mungkin, Auto2000 menerapkan cara yang tidak umum diterapkan diler-diler lain baik tunggal merek maupun beda merek.

1. Trade-In dengan subsidi

Foto pelayanan di Diler Auto2000 HR Muhammad

Strategi khusus diterapkan diler untuk melejitkan penjualan Avanza

Program trade-in dengan subsidi memungkinkan konsumen yang memiliki Toyota Avanza lama dan masih dalam tanggungan kredit bisa menukarkan mobilnya dengan unit Avanza baru dengan besar angsuran tidak berubah. Hanya tenor waktunya saja yang diatur ulang.

"Pada saat ini, Avanza bisa dilakukan tukar tambah dengan Avanza lama dengan Avanza yang baru. Dengan subsidi up dari harga Avanza," tutur Hasan, Kepala Cabang Auto2000 Jalan HR Muhammad Surabaya, Selasa (19/3/2019). "Jadi bagi pemilik Avanza yang lama memiliki angsuran, kita akan ganti dengan yang baru, tapi dengan angsuran yang sama, dengan mengatur tenornya," lanjutnya.

>>> Persaingan Segmen Low MPV, Gantian Toyota Avanza Yang Unggul Atas Xpander Di Bulan Kedua

2. Low DP

Banner promo diler Auto2000 Surabaya

Promo DP rendah untuk unit Avanza baru di Diler Toyota Auto2000 HR Muhammad Surabaya

Diler Auto2000 Jawa Timur menawarkan program menarik untuk meningkatkan penjualan Avanza berupa Low DP alias DP rendah mulai 15% dengan tenor hingga 60 bulan. "Low DP dengan 15 persen, khusus untuk pembelian Avanza, sehingga memberikan sinyal pada pembeli dan itu tenornya sampai 5 tahun," jelas Hasan.

>>> Simak deretan informasi mobil terbaru 2019 di sini

Diler Toyota Jawa Timur ini juga memberikan opsi kredit dengan sistem Balloon Payment. Namun untuk cara yang satu ini pihaknya sangat selektif, khusus untuk calon konsumen yang dipandang punya ekonomi mapan.

Sebenarnya masih ada strategi lain yang diterapkan diler Auto2000 Jawa Timur ini, namun dua strategi di atas dianggap paling memikat konsumen sehingga penjualan Avanza sangat positif. Dikatakan oleh Hasan kalau kiriman Toyota Avanza dari PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk wilayah Jawa Timur adalah 600 unit per bulan. Angka ini belum memenuhi kuota sebab SPK yang masuk mencapai 1.400 unit per bulan. "Untuk SPK sekitar 1400 per bulan," katanya.

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

>>> Lihat berita mobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top