Pengiriman BR-V Ke Dealer Turun Tajam, Inilah Penjelasan Dari Honda

21/09/2017

Pasar mobil
Share this post:
Pengiriman BR-V Ke Dealer Turun Tajam, Inilah Penjelasan Dari Honda
Jumlah mobil Honda BR-V dikirim ke dealer turun secara drastis dalam dua bulan yang lalu. Pada bulan Agustus, hanya satu unit low SUV dengan 7 kursi penumpang dikirim ke dealer. Apa alasannya?

Ketika menjelaskan  situasi tersebut, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospek Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakanbahwa ada penyesuaian produksi antar model, dan hal seperti itu biasa terjadi.

Dia terus menjelaskan penundaan pengiriman Honda BR-V ke dealer bukan berarti ada banyak unit Honda BR-V yang menumpuk di seluruh dealer Indonesia.

 

Honda BRV berwarna coklat

Pada bulan Agustus tahun 2017 yang lalu, hanya satu unit Honda BR-V dikirimkan ke dealer

“Namanya numpuk itu kalau selama tiga bulan tidak jualan dan tidak ada penyesuaian supply (pasokan), juga tidak melihat pasar,” ucap Jonfis kepada KompasOtomotif, baru baru ini.

Pertanyaan lain muncul, apakah HPM  sengaja tidak mengirim  BR-V ke dealer ini karena  sedang menyiapkan produk facelift? Jonfis membantah hal ini dan menegaskan, HPM masih belum ada rencana  facelift.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita baru tentang pasar mobil!

Menurut data Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT Honda Prospek Motor hanya mengirimkan 590 unit Honda BR-V pada bulan Juli 2017 lalu. Angka itu menunjukan inilah kali penurunan tajam dari biasanya yang dapat mencapai dari 1200 hingga 2000 unit per bulan. Namun, lebih aneh dari itu, pada bulan Agustus tahun 2017 yang lalu, hanya satu unit Honda BR-V dikirimkan ke dealer.

Penundaan pengiriman tersebut tidak mempengaruhi penjualan Honda BR-V di pasar. Model ini masih memegang posisi yang tinggi di segmen mobil low SUV, mencapai 12.568 unit atau mencatat 20 persen pasaran low SUV Indonesia selama delapan bulan ini.

>>> Baca juga: Honda BR-V - Sporty Crossover dengan Bodi Compact dan Lebih Gagah

Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan model SUV ini menurun sekitar lebih 60 persen, tepatnya dijual 38.666 unit dalam periode dari bulan Januari sampai bulan Agustus tahun 2016 lalu.

Secara umum, tidak hanya penjualan Honda BR-V menurun tapi juga penjualan seluruh model di segmen low SUV ini mengalami pengurangan selama delapan bulan ini. Kalau dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan model di segmen tersebut menurun 45 persen.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

Share this post:
 
back to top