Pengguna Mitsubishi Xpander Lawas Nggak Iri Ada Diskon PPnBM

07/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Adanya potongan harga Mitsubishi Xpander terbaru akibat kebijakan PPnBM 0 persen dari pemerintah, ternyata tidak membuat para pemilik Xpander yang sudah terlanjur membeli sebelumnya merasa iri dengan harga barunya itu.

Diantara daftar kendaraan roda empat penumpang yang mendapatkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen adalah Mitsubishi Xpander. Akibat adanya kebijakan ini, harga Xpander maupun Xpander Cross bisa turun direntang Rp 13 jutaan sampai Rp 16 jutaan.

Tentu saja kabar tentang penurunan harga akibat diskon PPnBM ini juga jadi perbincangan hangat dikalangan car enthusiast. Tak terkecuali mereka yang tergabung dalam komunitas yang mobilnya masuk dalam daftar penerima keringanan PPnBM dari pemerintah.

>>> Daftar Lengkap Penurunan Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Diskon PPnBM Tidak Bikin Pemilik Mobil yang Sudah Membeli Jadi Iri

Mitsubishi Xpander lama

Harga Xpander bekas diyakini tidak terpengaruh adanya diskon PPnBM

Danny Bastian misalnya, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) ini mengaku awalnya memang sempat khawatir jika harga Mitsubishi Xpander bekas akan terjun bebas akibat harga barunya terkorting PPnBM.

"Awalnya teman-teman member berpikir bagaimana harga bekas mobil ini kalau barunya saja sudah turun harganya," ucap Danny melalui video conference, Jumat (05/03/2021).

Tetapi Danny dan para anggota X-MOC lainnya pun kemudian berdiskusi panjang lebar bahkan melakukan perhitungan. Hal ini untuk memperkirakan, bagaimana efek penurunan harga Xpander baru akibat diskon PPnBM tersebut.

"Tapi setelah kami hitung, sepertinya penurunan harga ini hanya bisa berdampak kalau melakukan pembelian secara tunai. Tapi kalau dengan kredit dan tenor tertentu, bedanya ternyata sangat kecil dengan harga unit sebelumnya," sebut Danny.

>>> Keuntungan Beli Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross

Mitubishi Xpander Sudah Sesuai dengan Kebutuhan Keluarga Indonesia

Mitsubishi Xpander Facelift

Beberapa perubahan di Xpander facelift ternyata hasil masukan anggota X-MOC

>>> Review Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Xpander Paling Rasional

Danny juga menyebutkan, dengan 4.888 total anggota X-MOC, tipe Xpander yang paling banyak dimiliki komunitas ini adalah tipe Ultimate dengan prosentase hampir 50 persen dari total anggota. Sementara tipe kedua yang banyak dipilih adalah sport AT dan Exceed MT. Rata-rata, kata dia, anggota komunitas X-MOC sudah memiliki Xpander lebih kurang 3 tahun. Dan mereka merasa mobil tersebut saat ini sudah sangat memenuhi kebutuhan kelaurga di Indonesia.

"Tahun lalu kita pernah survey ke anggota kami tentang upgrade apa yang bisa jadi masukan ke pihak MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yuhda Sales Indonesia). Dan ternyata beberapa diantaranya diwujudkan di versi facelift Xpander. Misalnya lampu utama yang menggunakan LED, dan deffoger di kaca belakang. Jadi rasanya saat ini Mitsubishi Xpander sudah mengakomodir kebutuhan para anggota X-MOC," timpal Nugroho Prasetyo, Wakil Ketua Umum 2 X-MOC.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top