Pengguna Knalpot Brong Ini Dihukum dengan Cara Unik

29/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Selain mengganti dengan knalpot standar, Polres Bone menjatuhkan hukuman tak biasa kepada pengguna knalpot brong untuk bisa mengambil kendaraan yang diamankan.

Sanksi tak biasa dijatuhkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bone kepada pengguna knalpot brong. Mereka yang muslim harus mengikuti tes membaca Al Qur’an untuk bisa mengambil kendaraan yang diamankan petugas. Sanksi tersebut merupakan sanksi tambahan setelah sebelumnya mereka harus mengganti dulu knalpotnya dengan knalpot standar.

Untuk pembinaan

Menurut Kasat Lantas Polres Bone AKP Mustari, S.H., pemberian sanksi baca Al Qur’an dilakukan dalam rangka pembinaan. Hal itu juga sesuai dengan program dari Kapolres Bone, AKBP Try Handako.

“Tes baca al Qur’an sebagai prosedur tambahan dalam proses pengambilan barang bukti kendaraan, merupakan program pimpinan kami, bapak Kapolres Bone. Ini dilakukan dalam rangka pembinaan melalui pendekatan keagamaan,” ujar Kasat Lantas Polres Bone AKP Mustari,S.H, seperti dirilis laman Tribratanews Polres Bone, (29/7/2021).

Dalam unggahan kanal Youtube @citizens, nampak para pengendara yang ingin mengambil kendaraan di Mapolres Bone duduk rapi berjajar. Mereka bergantian membaca Al Qur’an yang dipandu seorang ustadz.

>>> Geram dengan Suara Motor Knalpot Bising, Warga Sirami Jalan dengan Air Sabun

Foto menunjukkan Pengguna knalpot brong dihukum mengaji oleh Satlantas Polres Bone

Satlantas Polres Bone jatuhkan hukuman mengaji buat pengguna knalpot bising

Sebagai tambahan agar tidak lagi digunakan, knalpot brong yang sudah dilepas dimusnahkan dengan cara dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu pemilik kendaraan harus menyelesaikan proses tilang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dipotong sendiri oleh pemiliknya, terakhir adalah penyelesaian proses tilang,” kata AKP Mustari.

Larangan knalpot brong

Penggunaan knalpot brong pada kendaraan bermotor harian memang sangat dilarang. Selain menimbulkan kebisingan yang mengganggu kenyamanan warga, juga melanggar aturan karena tidak memenuhi syarat teknis dan laik jalan.

Pengguna knalpot brong bisa dikenakan tilang dengan hukuman berupa kurungan atau denda, sebagaimana ketentuan Pasal 285 Undang-Undang lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009.

“(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).”

>>> Inilah Kandungan Gas Buang yang Keluar Dari Knalpot

Foto menunjukkan Knalpot brong dipotong di Halaman Mapolres Bone

Penggunaan knalpot tidak standar dilarang oleh Undang-Undang

>>> Cari mobil plat nomor Sulawesi Selatan, temukan dan cek harganya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top