Resmi, Penggolongan SIM C Diundur Hingga Tahun Depan!

15/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Penggolongan SIM C menjadi tiga golongan sepertinya belum bisa dilaksanakan bulan Agustus 2021 ini, melainkan diundur hingga tahun depan. Berikut alasannya!

Penggolongan SIM C untuk sepeda motor menjadi tiga golongan dikabarkan tidak jadi dimulai Agustus 2021 ini. Tapi bakal diundur hingga 2022. Sejalan dengan pernyataan resmi Kombes Pol Mohammad Tora, selaku Kasubdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri.

Ditunda hingga 2022

SIM C saat ini masih berlaku sebagai bukti kompetensi bagi pengemudi untuk mengemudikan sepeda motor roda dua segala jenis, dari yang berkubikasi rendah hingga moge di atas 500 cc.

"Yang diterapkan pada Juni 2022 adalah semua aturan Perpol Nomor 5 2021. Saya hanya menyampaikan informasi dari pimpinan, terakhir yang saya dapat infonya itu," kata Kombes Pol Mohammad Tora, dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (12/8/2021). "Jadi informasi yang sampai ke saya itu pelaksanaannya tahun depan."

>>> Jadi 3 Golongan, Simak Biaya Pembuatan SIM C, CI dan CII

Foto SIM C

SIM C bakal dibedakan berdasarkan kubikasi mesin sepeda motor

Kombes Tora menjelaskan, alasan ditundanya rencana penggolongan SIM kendaraan roda dua ini karena persiapan yang benar-benar matang, dari infrastruktur, SOP, kurikulum pengetesan, hingga tenaga penguji. Jika dipaksakan untuk dimulai, dikhawatirkan terjadi simpang siur dan banyak hambatan di tengah jalan.

"Makanya sosialisasi ini tidak gencar karena kami sedang susun dulu peraturan yang menjadi SOP pelaksanaannya," kata Tora.

"Kalau sudah oke, baru kami sepakati spesifikasi dan metodenya hingga menjadi SOP pelaksanaan sebelum diresmikan, disahkan, disosialisasikan dan dijalankan," tambahnya

>>> Ada PPKM atau Tidak, SIM C Tiga Golongan Dimulai Agustus

Tiga penggolongan SIM C

Sebelumnya kencang diberitakan, penggolongan ini bakal dimulai bulan Agustus tahun ini. Bahkan meski PPKM diperpanjang lagi, tetap akan dilaksanakan. Namun, hingga mendekati pertengahan bulan, belum ada keterangan resmi maupun sosialisasi rencana tersebut kepada masyarakat.

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Foto pengendara sepeda motor di jalan raya

Tanpa SIM warga dianggap tidak memiliki kompetensi mengoperasikan kendaraan bermotor

Seperti diketahui, pembagian SIM C menjadi SIM C, SIM CI dan SIM CII menjadi salah satu agenda besar Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tahun ini. Rencana itu merupakan implementasi Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

Pada Pasal 3 ayat 2 dijelaskan SIM C berlaku untuk pengguna sepeda motor berkubikasi sampai dengan 250 cc, SIM C I untuk pengguna sepeda motor antara di atas 250 cc hingga 500 cc, dan SIM C II untuk pengguna sepeda motor di atas 500 cc.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top