Pengendara Moge Bisa Pakai SIM CI Selama Setahun

04/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pengendara moge diatas 500 cc dapat dispensasi bisa memakai kendaraannya menggunakan SIM CI selama setahun sebelum beralih ke SIM CII atau SIM yang diwajibkan.

Kabar baik buat pengguna motor gede di atas 500 cc. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan dispensasi jika penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C resmi berlaku, pengendara moge bisa memakai SIM CI selama setahun (12 bulan).

Menghindari vakum

Hal itu untuk menghindari kevakuman berkendara karena SIM CII yang disyaratkan untuk pengendara moge baru bisa diterbitkan jika sudah memiliki SIM CI minimal setahun.

“Saat nanti di Agustus pengendara sudah punya SIM CI. Selama 2022, pengendara motor besar diberikan dispensasi untuk menggunakan SIM CI terlebih dahulu,” kata Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (3/8/2021).

Foto menunjukkan pengendara moge motorsport di jalan raya

Pengendara moge dapat dispensasi penggolongan SIM C selama setahun

Dispensasi ini menjawab polemik pengguna motor gede tidak bisa menggunakan motornya selama setahun karena harus punya SIM CI dulu sebelum naik ke SIM CII. Selain khawatir motor menjadi rusak, mereka juga khawatir terjebak dalam pelanggaran lalu lintas.

>>> Bukan Cuma Moge, Naik Motor Listrik Tak Bisa Pakai SIM C Biasa

Penggolongan SIM C

Polri memutuskan untuk merealisasikan penggolongan SIM C atau SIM untuk sepeda motor mulai tahun ini. Hal itu untuk meningkatkan kompetensi pengemudi menyesuaikan jenis sepeda motor yang digunakan.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi atau SIM, SIM C yang sebelumnya hanya ada satu dibagi menjadi 3 golongan

  • SIM C untuk pengemudi sepeda motor di bawah 250 cc,
  • SIM CI untuk pengemudi sepeda motor 250 cc sampai 500 cc,
  • SIM CII untuk pengemudi motor moge di atas 500 cc.

Untuk mendapatkan SIM CI pengendara harus memiliki SIM C dulu dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C diterbitkan. Untuk mendapatkan SIM CII juga demikian, pengendara moge disyaratkan memiliki SIM CI yang telah digunakan selama 12 bulan sejak diterbitkan.

Selanjutnya, untuk perpanjangan pengguna SIM CI dan SIM CII tidak lagi memerlukan syarat di atas. SIM di bawahnya sudah tidak berlaku lagi.

Rencananya, penggolongan SIM C ini bakal dimulai bulan ini (Agustus 2021). Sarana dan prasarananya sudah dipersiapkan. Begitupun dengan Standard Operating Procedure (SOP) juga sudah dibuat. Tinggal menunggu disahkan oleh pemerintah.

“SOP sudah dibuat, tinggal disahkan saja. Intinya kita implementasikan di bulan Agustus, bisa di pertengahan atau di akhir bulan,” kata AKBP Arief.

>>> Ada PPKM atau Tidak, Penggolongan SIM C Dimulai Agustus

Foto menunjukkan SM C untuk sepeda motor

Penggolongan SIM C segera direalisasikan

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top