Pengadilan Italia Putuskan Ferrari 250 GTO Sebagai Karya Seni

03/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Apa yang membuat sebuah mobil dapat dianggap sebagai sebuah karya seni? Mungkin Anda bisa melihat Ferrari 250 GTO, yang baru-baru ini diakui oleh pengadilan Italia sebagai sebuah karya seni, membuatnya tak bisa diproduksi atau direplika pihak lain.

Ferrari mengajukan tuntutan ke pengadilan terhadap salah satu pabrikan Italia yang ingin memproduksi replika Ferrari 250 GTO, mobil balap legendaris yang hanya dibuat sebanyak 36 unit antara tahun 1962 hingga 1964.

>>> 10 mobil termahal dalam sejarah lelang, apa saja?

Pengadilan menyetujui tuntutan Ferrari, dan membuat putusan yang menyatakan bahwa hak produksi, komersialisasi, dan promosi 250 GTO dimiliki sepenuhnya oleh Ferrari. Pabrikan yang berbasis di Maranello itu memuji putusan hakim, dan mengatkan ini adalah kali pertama sebuah mobil diakui sebagai karya seni.

“Ini bukan hanya desain cantiknya yang membuat mobil ini spesial, melainkan juga sejarah panjang yang cukup sukses,” tulis Ferrari dalam sebuah pernyataan.

>>> Kami punya pilihan mobil dengan harga terbaik untuk Anda

Tak hanya memiliki sejarah panjang di ajang balap, Ferrari 250 GTO juga merupakan mobil paling mahal yang pernah dijual. Tahun lalu, mobil yang pernah digunakan juara dunia F1 1961, Phil Hill, laku terjual $48 juta (setara Rp 678,5 miliar) dalam sebuah lelang. Harga yang cukup mencengangkan, bukan?

Ferrari 250 GTO 1963 dengan nomor sasis 4153GT

Mobil termahal di dunia saat ini Ferrari 250 GTO dengan nomor sasis 4153GT

Tunggu dulu, dalam sebuah transaksi non-lelang, Ferrari 250 GTO dengan nomor sasis 4153GT yang memenangi Tour de France Automobile, dan finis keempat di Le Mans 1963 terjual dengan banderol $70 juta (hampir menyentuh Rp 1 triliun rupiah). Adapun mobil ini dilepas oleh kolektor asal Jerman, Christian Glaesel kepada CEO WeatherTech, David MacNeil, yang memiliki koleksi beberapa mobil klasik, dan juga seorang penggemar balap.

>>> Selalu update kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

Ferrari 250 GTO sasis 3413GT

Ferrari 250 GTO dinilai pantas dianggap sebagai karya seni

Dibekali mesin V12 2.953cc, Ferrari 250 GTO dianggap sebagian besar orang sebagai Mona Lisa mobil klasik. Meski masih ada mobil yang jauh lebih langka, dan punya reputasi balap lebih mentereng, mobil ini memiliki daya magis tersendiri yang membuatnya spesial.

Setelah Ferrari 250 GTO, mobil mana lagi yang menurut Anda pantas masuk ke dalam kategori karya seni? Simak kisah lanjutannya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top